KEGIATAN LITERASI MEMBACA SISWA KELAS IV DI SD INPRES 51 KABUPATEN SORONG

Tamunete, Daniel (2023) KEGIATAN LITERASI MEMBACA SISWA KELAS IV DI SD INPRES 51 KABUPATEN SORONG. Lainnya thesis, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong.

[thumbnail of Skripsi] Text (Skripsi)
SKRIPSI_DANIEL_TAMUNETE.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Berbagai penelitian tentang membaca menunjukan bahwa minat baca masyarakat Indonesiatergolong rendah, ditambah lagi dengan bekembangnya teknologi yang semakin canggih,terdapat berbagai media elektronik yang disuguhkan sebagai hiburan untuk anak-anak sepertigadget, hp, game online dll yang mengakibatkan anak kurang menyukai buku. Oleh sebab ituSD Inpres 51 Kabupaten Sorong ingin menumbuhkan rasa cinta terhadap buku denganmenerapkan beberapa upaya sehingga dapat menciptakan lingkungan membaca yangkondusif dan nyaman untuk membaca, yang mana jarang ditemui disekolah-sekolah lainkhususnya tingkat Sekolah Dasar (SD). Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapbagaimana cara sekolah untuk meningkatkan minat baca siswa di SD Inpres 51 KabupatenSorong, dengan sub fokus penelitian: (1) upaya peningkatkan minat baca (2) implikasipeningkatkan minat baca siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif denganteknik pengumpulan data observasi non partisipan, wawancara semi struktur, dandokumentasi. Adapun subjek penelitian terdiri dari: kepala sekolah, waka kurikulum, gurukelas, dan siswa. Sedangkan teknik analisis data menggunakan teori dari Miles B. danHuberman Michael A yaitu, pengumpulan data, reduksi data, pemaparan data, dan penarikankesimpulan. Kemudian untuk menjaga keabsahan data maka dilakukan peningkatanketekunan, triangulasi dan diskusi teman sejawat. Hasil penelitian berdasarkan fokuspenelitian yang pertama yaitu kegiatan literasi membaca siswa di SD Inpres 51 KabupatenSorong dipetakan dalam tiga tahap yaitu tahap perencanaan meliputi; menyusun kegiatanmembaca, menentukan target pencapaian, meningkatkan sumber daya guru, menciptakanlingkungan yang nyaman untuk membaca, memilih bacaan sesuai dengan usia, kemampuandan minat, menempatkan buku pada tempat yang mudah dijangkau dan menyediakanperpustakaan yang memadai.

Item Type: Thesis (Lainnya)
Subjects: 000 KARYA UMUM
300 ILMU SOSIAL > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa Sosial dan Olahraga (FABIO) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: UNIMUDA Administrator Sorong
Date Deposited: 27 Aug 2023 07:08
Last Modified: 27 Aug 2023 07:08
URI: http://eprints.unimudasorong.ac.id/id/eprint/88

Actions (login required)

View Item
View Item