Batigin, Ratih Widyawati (2023) PENGEMBANGAN E-MODUL IPA BERBASIS KEARIFAN LOKAL DI PAPUA PADA MATERI INTERAKSI MAKHLUK HIDUP DENGAN LINGKUNGANNYA KELAS VII SMP/MTs. Lainnya thesis, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong.
![[thumbnail of Skripsi]](http://eprints.unimudasorong.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
TA-Ratih Widyawati Batigin-148420619015.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (6MB)
Abstract
Penelitian ini membahas tentang pengembangan Elektronik Modul (E-Modul)IPA berbasis kearifan lokal di Papua, khususnya pada materi Interaksi MakhlukHidup dengan Lingkungannya untuk siswa/i kelas VII MTs Muhammadiyah 2Aimas. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar yang layak (valid,praktis dan efektif) sehingga menghasilkan e-modul yang layak untuk digunakan.Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) denganmodel pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahap, yaitu (1) Analisis, (2)Desain, (3) Pengembangan, (4) Implementasi, dan (5) Evaluasi. Subjek penelitianini meliputi 1 guru ahli materi, 1 dosen ahli media, 1 dosen ahli bahasa, dan siswakelas VII MTs Muhammadiyah 2 Aimas. Objek penelitian ini adalah e-modulpembelajaran IPA. Instrumen yang digunakan untuk menilai kelayakan e-modulmeliputi lembar kelayakan oleh ahli materi, media dan bahasa, angket responsiswa terhadap penggunaan e-modul dan uji coba postest dan pretest untukmenilai hasil penggunaan e-modul. Hasil dari penelitian ini yaitu :(1) modulpembelajaran yang dikembangkan menjadi e-modul (elektronik modul)pembelajaran IPA berbasis kearifan lokal pada materi interaksi makhluk hidupdengan lingkungannya kelas VII MTs Muhammadiyah 2 Aimas, (2) e-modulmendapatkan rata-rata skor penilaian 4,00 oleh ahli materi dengan kategori"sangat layak", validasi ahli media 3,71 dengan kategori "sangat layak" danvalidasi ahli bahasa 2,5 dengan kategori "layak" dan respon siswa sebagaipengguna 3,7 dengan kategori "sangat layak". (3) hasil postest dan pretest siswakelas VII MTs Muhammadiyah 2 Aimas dengan nilai n-gain sebesar 0,81 yangmasuk dalam kriteria "tinggi". Hasil dari penelitian ini yaitu e-modul layakdigunakan pada kelas VII MTs Muhammadiyah 2 Aimas.
Item Type: | Thesis (Lainnya) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, E-Modul, Kearifan Lokal di Papua, Flipbook. |
Subjects: | 500 ILMU MURNI |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Eksakta (FEKSA) > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam |
Depositing User: | UNIMUDA Administrator Sorong |
Date Deposited: | 27 Aug 2023 06:48 |
Last Modified: | 27 Aug 2023 06:48 |
URI: | http://eprints.unimudasorong.ac.id/id/eprint/87 |