Djafri, Sabthini (2025) Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Kemampuan Membaca Siswa Kelas V Sd Negeri 30 Kota Sorong. S1 thesis, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong.
Sabthini Djarfi -148620620063.pdf - Supplemental Material
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media audio visual terhadapkemampuan membaca siswa kelas V SD Negeri 30 Kota Sorong. Latar belakangpenelitian ini adalah rendahnya minat dan kemampuan membaca siswa akibatmetode pembelajaran yang masih dominan ceramah dan kurangnya penggunaanmedia pembelajaran yang menarik. Penelitian ini menggunakan pendekatankuantitatif dengan desain pre-eksperimental one group pretest and posttest design.Subjek penelitian terdiri dari 19 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melaluiobservasi, angket, dokumentasi, serta tes membaca sebelum dan sesudah penggunaanmedia audio visual.Hasil penelitian menunjukkan peningkatan yang signifikan pada nilai rata-rata siswadari 52,10 (pre-test) menjadi 84,74 (post-test). Uji statistik menunjukkan nilai thitung sebesar 8,23 lebih besar dari t tabel sebesar 2,101, yang berarti terdapatpengaruh signifikan penggunaan media audio visual terhadap kemampuan membacasiswa. Dengan demikian, penggunaan media audio visual terbukti efektif dalammeningkatkan kemampuan membaca siswa di kelas V SD Negeri 30 Kota Sorong.
| Item Type: | Skripsi/Tesis/Disertasi/Laporan D3 (S1) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | media audio visual, kemampuan membaca, siswa sekolah dasar |
| Subjects: | 300 ILMU SOSIAL > 370 Pendidikan > 371.1 Guru dan Aktivitas Pembelajaran > 371.335 Alat Bantu Pembelajaran Menggunakan Audiovisual |
| Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa Sosial dan Olahraga (FABIO) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
| Depositing User: | UNIMUDA Administrator Sorong |
| Date Deposited: | 10 Nov 2025 02:14 |
| Last Modified: | 10 Nov 2025 02:14 |
| URI: | http://eprints.unimudasorong.ac.id/id/eprint/801 |
