Pengaruh Media Permainan Ular Tangga Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas II SD Yapis Doom Kota Sorong

Rimosan, Alifah (2025) Pengaruh Media Permainan Ular Tangga Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas II SD Yapis Doom Kota Sorong. S1 thesis, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong.

[thumbnail of Skripsi] Text (Skripsi)
Alifa Rimosan-14862062005.pdf - Supplemental Material

Download (4MB)

Abstract

Menurut Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang sistem pendidikanmengatakan bahwa pendidikan merupakan usaha sadar dan terencana untukmenunjukan suasana belajar dan pembelajaran agar peserta didik secara aktifmengembangkan potensi dirinya.Berdasarkan hasil survey pada tanggal 19 September-15 November 2023 yangdilakukan peniliti di SD Yapis Doom saat Asistensi Mengajar selama dua bulan,sekolah tersebut proses pembelajaran hanya menggunakan papan tulis dan bukucetak sebagai media pembelajaran. Berdasarkan hasil observasi yang penilitilakukan di SD Yapis Doom selama Asis Mengajar kemampuan membaca siswadikelas II masih rendah. Hal ini dilihat dari kemampuan siswa dalam membacamasih kesulitan untuk mengidentifikasi huruf. . Oleh karena itu, perlu adanyamedia yang menarik dan efektif yang disukai siswa dan dapat meningkatkankemampuan membaca, yaitu media permainan ular tangga.Penilitian ini menggunakan jenis penilitian pre-eksperimental dengan desain one-group pretest-posstest design yang hanya melibatkan satu kelas sebagaieksperimen. Penilitian ini dilaksananakan pada tanggal 04 -11 November 2024.Berdasarkan rumusan masalah dan hipotesis yang diajukan, hasil analisis hipotesisdan pembahasan penelitian eksperimen pada proses pembelajaran menggunakanmedia permainan ular tangga terhadap kemampuan membaca permulaan bahasaindonesia siswa II SD Yapis Doom Kota Sorong, maka dapat dikemukakansimpulan penelitian sebagai berikut:Hasil SPSS V 25,0 For Windows dapat diperoleh nilai sig setelah menggunakanmedia permainan ular tangga dalam proses pembelajara yaitu 0,000, sedakan jikabandikan dengan nilai sig < 0,05 (Jika lebih besar dari 0,05 makan media yangdigunakan berpengaruh terhadap proses pembelajaran). Oleh sebab itu dikatakanmedia permainan ular tangga mempunyai pengaruh dalam proses pembelajaranbahasa indonesia siswa II SD Yapis Doom Kota Sorong dengan nilai dapat yaitu0,000 sehingga di tarik Kesimpulan nilai sig 0,000 < 0,05. Sedangkan pada nilaithitung yang di dapat sebesar 58.437 dan nilai ttabel = 1,771. Dari ke dua nilaitersebut berdasarkan uji one sample test terlihat thitung > dari ttabel yaitu 58,437 >1,771 sehingga dapat disimpulkan bahwa H1 diterima dan H0 ditolak. Oleh sebabitu pengguaan permainan ular tangga dalam proses pembelajaran sangatlahberpengaruh.

Item Type: Skripsi/Tesis/Disertasi/Laporan D3 (S1)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh Media Permainan Ular Tangga, Kemampuan Membaca Siswa
Subjects: 300 ILMU SOSIAL > 372 Pendidikan Dasar > 372.4 Membaca, Belajar Membaca
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa Sosial dan Olahraga (FABIO) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: UNIMUDA Administrator Sorong
Date Deposited: 10 Nov 2025 01:55
Last Modified: 10 Nov 2025 01:55
URI: http://eprints.unimudasorong.ac.id/id/eprint/799

Actions (login required)

View Item
View Item