Meder, Miriam (2025) Analisis Kemampuan Menulis Permulaan Pada Siswa Kelas I SD Muhammadiyah Malawili Kabupaten Sorong. S1 thesis, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong.
Miriam Meder-148620621096.pdf - Supplemental Material
Download (1MB)
Abstract
Kemampuan menulis merupakan salah satu keterampilan dasar yang harusdikuasai oleh siswa pada tahap pendidikan dasar. Keterampilan ini menjadi fondasipenting dalam mendukung keberhasilan siswa dalam pembelajaran di tingkat yang lebihtinggi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis tingkat kemampuan menulispermulaan serta untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi kemampuanmenulis permulaan siswa kelas I SD Muhammadiyah Malawili, Kabupaten Sorong.Metode penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Informan dalam penelitian ini adalahGuru Kelas I dan Siswa Kelas I SD Muhammadiyah Malawili, Kabupaten Sorongdengan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknikanalisis yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan menulis permulaansiswa kelas I SD Muhammadiyah Malawili, Kabupaten Sorong sudah berkembangdengan baik. Sebagian besar siswa telah mampu membaca dan menulis sejak dariTaman Kanak-Kanak, sehingga mereka mudah mengikuti pembelajaran menulis disekolah. Siswa dapat menulis huruf, kata, dan nama sendiri dengan cukup lancar,meskipun masih perlu bimbingan untuk meningkatkan kerapian dan kemandirian dalammenulis. Adapun faktor-faktor yang memengaruhi kemampuan menulis permulaansiswa kelas I SD Muhammadiyah Malawili meliputi faktor internal dan eksternal. Faktorinternal mencakup kesiapan motorik halus dan motivasi belajar siswa. Sementara faktoreksternal meliputi peran guru dalam bimbingan individual, dukungan orang tua dirumah, serta ketersediaan media pembelajaran seperti kartu huruf dan gambar.Kombinasi dari faktor-faktor ini sangat menentukan keberhasilan siswa dalammengembangkan kemampuan menulis permulaan secara optimal.
| Item Type: | Skripsi/Tesis/Disertasi/Laporan D3 (S1) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Kemampuan menulis permulaan, siswa Kelas I SD Muhammadiyah |
| Subjects: | 300 ILMU SOSIAL > 372 Pendidikan Dasar > 372.623 Kemampuan Menulis untuk Pendidikan Dasar |
| Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa Sosial dan Olahraga (FABIO) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
| Depositing User: | UNIMUDA Administrator Sorong |
| Date Deposited: | 10 Nov 2025 01:46 |
| Last Modified: | 10 Nov 2025 01:46 |
| URI: | http://eprints.unimudasorong.ac.id/id/eprint/798 |
