Kehek, Villona Sesri (2025) Analisis Kesalahan Ejaan Pada Pembelajaran Menulis Teks Narasi Siswa Kelas IV SD Inpres 12 Kabupaten Sorong. S1 thesis, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong.
Villona Sesri Kehek-148620621019.pdf - Supplemental Material
Download (2MB)
Abstract
Kemampuan siswa dalam menggunakan ejaan dan kesalahan yang siswa lakukandalam karya menulis teks narasi yaitu kesalahan menulis huruf kapital dan tandabaca yang tidak sesuai dengan kaidah ejaan yang disempurnakan (EYD).Berdasarkan latar belakang tersebut peneliti bertujuan untuk (1) mendeskripsikankesalahan penggunaan ejaan dalam karya menulis teks narasi, (2) mendeskripsikanpenyebab kesalahan ejaan dalam karya menulis teks narasi siswa kelas IV D.penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif desain penelitian deskriptif.Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan tekniknon tes dengan metode simak dan wawancara. Hasil penelitian sebagai berikut : 12siswa melakukan kesalahan penggunaan huruf kapital dipakai sebagai huruf pertamakata pada awal kalimat, 2 siswa melakukan kesalahan huruf kapital dipakai sebagaihuruf pertama nama tahun, bulan, hari, dan hari besar atau hari raya, 17 siswamelakukan kesalahan huruf kapital dipakai sebagai huruf pertama kata penunjukhubungan kekerabatan, seperti bapak, ibu, kaka, dan adik serta kata atau ungkapanlainnya yang digunakan sebagai sapaan, dan kesalahan tanda baca dalam karyamenulis teks narasi terdapat kesalahan 11 siswa melakukan kesalahan tanda titikdipakai pada akhir kalimat pernyataan, 3 siswa melakukan kesalahan tanda komadipakai di antara unsur-unsur dalam suatu perincian atau pembilang, dan 2 siswamelakukan kesalahan tanda koma bisa digunakan di belakang keterangan yangterdapat pada awal kalimat untuk menghindari salah baca atau salah pengertian, dan1 siswa melakukan kesalahan tanda hubung digunakan untuk menyambung unsurbentuk ulang. Kesalahan disebabkan oleh dua faktor yaitu, faktor internal dan faktoreksternal. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan ejaan belum sesuai dengan kaidahejaan yang disempurnakan (EYD) masih banyak kesalahan yang dilakukan olehsiswa pada karya menulis teks narasi.
| Item Type: | Skripsi/Tesis/Disertasi/Laporan D3 (S1) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Analisis, Kesalahan, Ejaan, Karya, Menulis, Teks Narasi |
| Subjects: | 300 ILMU SOSIAL > 372 Pendidikan Dasar > 372.652 Pengajaran Bahasa Indonesia di sekolah dasar |
| Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa Sosial dan Olahraga (FABIO) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
| Depositing User: | UNIMUDA Administrator Sorong |
| Date Deposited: | 10 Nov 2025 01:40 |
| Last Modified: | 10 Nov 2025 01:40 |
| URI: | http://eprints.unimudasorong.ac.id/id/eprint/797 |
