Mnsen, Miryam (2025) Pengaruh Strategi Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas 4 Sekolah Dasar Negeri 31 Kota Sorong. S1 thesis, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong.
Miryam Mnsen-148620619224.pdf - Supplemental Material
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh strategi TPSterhadap hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas 4 SD Negeri 31 KotaSorong. Penelitian ini menerapakan pendekatan kuantitatif, dengan metode TPS.Teknik yang di gunakan dalam peneltian ini adalah Preetes dan Posttes. SubjekPenelitian ini adalah Siswa Kelas 4 SD. Lokasi penelitiannya adalah di SD Negeri31 Kota Sorong. Pengumpulan Data Penelitian dilakukan melaluli Observasi.Analisis Data dilakukan dengan cara Reduksi Data, Penyajian Data, danKesimpulan dan Ferifikasi. Hasil Penelitian menunjukan bahwa Siswa SD Negeri31 Kota Sorong ini sudah bisa menerapkan bahasa Indonesia menggunakanpembelajaran TPS. Pembelajaran TPS ini merupakan strategi penting yang harusdi kuasai oleh setiap siswa agar bisa berhasil. Peneliti menyarankan kepadapeneliti yang lain untuk dapat meneliti lebih lanjut mengenai pengaruh strategiTPS terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas 4 SD melaluipembelajaran dengan baik. Dari hasil perhitungan rata-rata variabel PengaruhStrategi Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Terhadap Hasil Belajar BahasaIndonesia Siswa Kelas 4 SD Negeri 31 Kota Sorong. Tercatat sebelumditerapkannya Strategi Pembelajaran Think Pair Share (TPS), nilai rata-rata siswakelas IV SD Negeri 31 Kota Sorong dalam mata pelajaran Bahasa Indonesiamencapai puncaknya yaitu 70 dengan nilai rata-rata 49,50. Sebaliknya, setelahditerapkannya Strategi Pembelajaran Think Pair Share (TPS), siswa tersebutjustru memperoleh nilai tertinggi yaitu 100 dan nilai rata-rata 84,25 dalampenilaian Bahasa Indonesia.
| Item Type: | Skripsi/Tesis/Disertasi/Laporan D3 (S1) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Pengaruh Strategi Pembelajaran TPS, Hasil Belajar Bahasa Indonesia, Kelas 4 SD |
| Subjects: | 300 ILMU SOSIAL > 372 Pendidikan Dasar > 372.652 Pengajaran Bahasa Indonesia di sekolah dasar |
| Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa Sosial dan Olahraga (FABIO) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
| Depositing User: | UNIMUDA Administrator Sorong |
| Date Deposited: | 10 Nov 2025 01:32 |
| Last Modified: | 10 Nov 2025 01:32 |
| URI: | http://eprints.unimudasorong.ac.id/id/eprint/796 |
