Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Flashcard Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV pada Mata Pelajaran IPAS di SD Inpres 24 Kabupaten Sorong

Chintiani, Chintiani (2025) Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Flashcard Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV pada Mata Pelajaran IPAS di SD Inpres 24 Kabupaten Sorong. S1 thesis, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong.

[thumbnail of Skripsi] Text (Skripsi)
Chintiani -148620619006.pdf - Supplemental Material

Download (1MB)

Abstract

Media pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untukmenyampaikan informasi pembelajaran kepada peserta didik dan dapatmerangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan kemauan murid sehingga dapatmendorong terjadinya proses belajar.Tujuan penelitian ini adalah untukmengetahui ada tidaknya pengaruh media flashcard terhadap hasil belajar padasiswa kelas IV pada mata pelajaran IPA di SD Inpres 24 Kab. SorongJenis penelitian ini, merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakanmetode eksperimen. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialahone group pretest posttest design. Penelitian ini akan di laksanakan di kelas KelasIV SD Inpres 24 Kabupaten Sorong. Populasi dari penelitian ini adalah seluruhsiswa Kelas IV SD Inpres 24 Kabupaten Sorong yang berjumlah 18 siswa. Sampelyang digunakan pada penelitian ini adalah siswa kelas I dengan jumlah sampel 18orang siswa.Berdasarkan hasil analisis data baik secara deskriptif maupun inferensialdan pembahasan hasil penelitian maka dapat dikemukakan kesimpulan bahwanilai signifikan (sig) 0,001 < 0,05 maka signifikan disini berarti Ha diterima danHo ditolak. Artinya bahwa hipotesis nihil(Ho) yang berbunyi “Tidak pengaruhsignifikan pengaruh Media Flashcard Terhadap Hasil Belajar pada siswa kelas IVpada mata pelajaran IPA di SD Inpres 24 Kabupaten Sorong” “ditolak”,sedangkan hipotesis kerja (Ha) yang berbunyi “Ada pengaruh signifikan pengaruhMedia Flashcard Terhadap Hasil Belajar pada siswa kelas IV pada mata pelajaranIPA di SD Inpres 24 Kabupaten Sorong “diterima”.Dari analisis uji hipotesisdiketahui, ada pengaruh signifikan pengaruh Media Flashcard Terhadap HasilBelajar pada siswa kelas IV pada mata pelajaran IPA di SD Inpres 24 KabupatenSorong. Hal ini ditunjukkan dari nilai koefisien korelasi diketahui, ������ =6,708sedangkan �ℎ�����= 4,662. Sehingga �ℎ�����>������dan nilai signifikansinya0,00< 0,05.

Item Type: Skripsi/Tesis/Disertasi/Laporan D3 (S1)
Uncontrolled Keywords: Media flashcard, Hasil Belajar
Subjects: 300 ILMU SOSIAL > 372 Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa Sosial dan Olahraga (FABIO) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: UNIMUDA Administrator Sorong
Date Deposited: 17 Oct 2025 23:54
Last Modified: 17 Oct 2025 23:54
URI: http://eprints.unimudasorong.ac.id/id/eprint/786

Actions (login required)

View Item
View Item