Meryana, Putri Dwi (2025) Pengaruh Metode Bercerita Terhadap Hasil Belajar Pkn Siswa Kelas III di SD Inpres 46 Kabupaten Sorong. S1 thesis, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong.
Putri Dwi Meryana-148620618170.pdf - Supplemental Material
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode bercerita terhadaphasil belajar siswa kelas III di SD Inpres 46 Kabupaten Sorong. Desain Penelitian inimengunakan Quasi eksperimental dengan desain pretest postest untuk kelas eksperimendan pretest postest untuk kelas kontrol. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelasIII kelompok A berjumlah 10 siwa dan kelompok B berjumlah 10 siswa. Teknikpengumpulan data yang di gunakan adalah tes dan observasi. Hasil penelitian yang telahdiperoleh oleh peneliti dapat di ketahui nilai pretest dan postest kelompok A(ksperimen) rata-rata nilai mean 74 dan 86. Dan rata-rata nilai mean kelompok B(kontrol) yaitu 73 dan 79 dengan nilai maksimum 60 dan 90. Berdasarkan nilai uji tkelompok A eksperimen nilai thitung (t Stat) > dari ttabel (Tical two-tail) yaitu:4.810702 > 2.262157 yang artinya Ha diterima yaitu ada pengaruh metode berceritaterhadap hasil belajar PKn Siswa Kelas III di SD Inpres 46 Kabupaten Sorong dan Hoditolak tidak ada pengaruh metode bercerita terhadap hasil belajar PKn Siswa Kelas IIIdi SD Inpres 46 Kabupaten Sorong. Dengan taraf signifikan P(T<=t) two-tail yaitu0.000959 < 0,05 demikian Ha di terima yaitu ada pengaruh metode bercerita terhadaphasil belajar PKn Siswa Kelas III di SD Inpres 46 Kabupaten Sorong. Sedangkam nilaiuji t kelompok B (kontrol) nilai thitung (t Stat) < (Tical two-tail) yaitu 2.25 < 2.262157yang artinya thitung lebih kecil dari ttabel. Sehingga Ho terima yaitu tidak ada pengaruhmetode bercerita terhadap hasil belajar PKn Siswa Kelas III di SD Inpres 46 KabupatenSorong dengan taraf signifikansi P(T<=t) two-tail 0.051003 > 0,05 Sehingga Ho:tidakada pengaruh metode bercerita terhadap hasil belajar PKn Siswa Kelas III di SD Inpres46 Kabupaten Sorong di terima dan Ha:ada pengaruh metode bercerita terhadap hasilbelajar PKn Siswa Kelas III di SD Inpres 46 Kabupaten Sorong di tolak. Hasil observasiaktivitas guru dan siswa mendapatkan nilai 80%. Dengan demikian dapat disimpulkanbahwa adanya pengaruh metode bercerita terhadap hasil belajar siswa kelas III di SDInpres 46 Kabupaten Sorong, terkhusus bagi kelas eksperimen.
| Item Type: | Skripsi/Tesis/Disertasi/Laporan D3 (S1) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Metode, Bercerita, Hasil Belajar, PKn, Siswa. |
| Subjects: | 300 ILMU SOSIAL > 372 Pendidikan Dasar |
| Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa Sosial dan Olahraga (FABIO) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
| Depositing User: | UNIMUDA Administrator Sorong |
| Date Deposited: | 17 Oct 2025 08:06 |
| Last Modified: | 17 Oct 2025 08:06 |
| URI: | http://eprints.unimudasorong.ac.id/id/eprint/785 |
