Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Dalam Pembelajaran Matemtika Siswa Kelas III di SD Negeri 3 Kabupaten Sorong

Trisna, Trisna (2025) Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Dalam Pembelajaran Matemtika Siswa Kelas III di SD Negeri 3 Kabupaten Sorong. S1 thesis, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong.

[thumbnail of SKRIPSI] Text (SKRIPSI)
Trisna -148620619246.pdf - Supplemental Material

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan literasi numerasi terhadaphasil belajar matematika siswa kelas III di SD Negeri 3 Kabupaten Sorong. Penelitian inimenggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan subjek penelitian sebanyak empatorang siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes, wawancara, dandokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang memenuhi 3 indikatorkemampuan literasi numerasi dan semua jawaban benar termasuk berkategori tinggi,sedangkan siswa yang memenuhi 1 indikator kemampuan literasi numerasi danjawabannya sebagian besar salah termasuk berkategori rendah. Siswa yang mampumemenuhi 3 indikator kemampuan literasi numerasi juga mengalami kesulitan padapengurangan namun dalam mengerjakan soal dibaca dan dihitung dengan baik, sedangkansiswa yang hanya mampu memenuhi 1 indikator mengalami kesulitan pada penjumlahandan pengurangam dam merasa kesulitan, ragu.

Item Type: Skripsi/Tesis/Disertasi/Laporan D3 (S1)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Literasi Numerasi, Pembelajaram Matematika
Subjects: 300 ILMU SOSIAL > 372 Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa Sosial dan Olahraga (FABIO) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: UNIMUDA Administrator Sorong
Date Deposited: 17 Oct 2025 07:06
Last Modified: 17 Oct 2025 07:06
URI: http://eprints.unimudasorong.ac.id/id/eprint/783

Actions (login required)

View Item
View Item