Aisyah, Yustinah (2025) Pengaruh Social Comparison Terhadap Self-Esteem Pada Generasi Z Pengguna Instagram. S1 thesis, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong.
TA-Yustinah Aisyah-147320121004.pdf - Supplemental Material
Download (3MB)
Abstract
Media sosial hadir dalam kehidupan generasi Z dengan transparansi yangmenampilkan konten-konten kehidupan ideal, sehingga mendorong munculnyaperbandingan sosial (social comparison) yang sulit dihindari. Penelitian inibertujuan untuk mengetahui pengaruh social comparison terhadap self-esteempada generasi Z pengguna Instagram di Papua Barat Daya. Metode yangdigunakan adalah kuantitatif dengan teknik purposive sampling pada 242responden. Instrumen penelitian berupa skala INCOM (Gibbons & Buunk, 1999)dan RSES (Rosenberg, 1965), yang dalam penelitian ini telah dimodifikasi agarsesuai dengan konteks penelitian. Data dianalisis dengan regresi linier sederhanadan diperoleh koefisien regresi r=-0.602, signifikansi 0.000 (p<0.001), sertaR²=0.404. Hasil menunjukkan social comparison berpengaruh signifikan sebesar40,4% terhadap self-esteem pada pengguna Instagram di Papua Barat Daya.
| Item Type: | Skripsi/Tesis/Disertasi/Laporan D3 (S1) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Generasi Z, Pengguna Instagram, Self-Esteem, Social comparison |
| Subjects: | 100 FILSAFAT DAN PSIKOLOGI > 150 Psikologi |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi, Bisnis dan Humaniora (FEBIRA) > Psikologi |
| Depositing User: | UNIMUDA Administrator Sorong |
| Date Deposited: | 17 Oct 2025 04:29 |
| Last Modified: | 17 Oct 2025 04:29 |
| URI: | http://eprints.unimudasorong.ac.id/id/eprint/782 |
