Umamah, Wulan Mafrihatul (2025) Peran Guru Taman Pendidikan Al- Qur’an dalam Meningkatkan Kualitas Bacaan Al-Qur’an Santri Taman Pendidikan Al-Qur’an Nurul Islam Aimas. S1 thesis, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong.
![[thumbnail of Wulan Mafrihatul Umamah -148623021015.pdf]](http://eprints.unimudasorong.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Wulan Mafrihatul Umamah -148623021015.pdf - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
Abstract
Membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar merupakan bagian penting dalampendidikan Islam sejak usia dini. Namun, kualitas bacaan Al-Qur’an sebagian santridi tingkat dasar masih rendah, terutama dalam aspek tajwid, makhraj, fasohah, dantartil. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru Taman Pendidikan Al-Qur’an dalam meningkatkan kualitas bacaan Al-Qur’an santri di Taman PendidikanAl-Qur’an Nurul Islam Aimas, Kabupaten Sorong. Pendekatan penelitian yangdigunakan adalah kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan datameliputi observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi, dengan informanterdiri atas 4 guru, 5 santri, dan 2 orang tua. Hasil penelitian menunjukkan bahwaguru Taman Pendidikan Al-Qur’an memiliki peran sebagai pengajar, pembimbing,motivator, dan teladan dalam proses pembelajaran. Strategi yang diterapkan antaralain metode Iqra’, talaqqi, dan pengelompokan berdasarkan kemampuan santri.Faktor pendukung mencakup komitmen guru, metode variatif, dukungan orang tua,fasilitas yang memadai, dan kondisi psikologis santri yang stabil. Sementara itu,faktor penghambat meliputi rendahnya motivasi belajar, perbedaan kemampuanawal, keterbatasan waktu dan sarana, serta lingkungan keluarga yang kurangmendukung. Penelitian ini menyimpulkan bahwa peran guru sangat menentukankeberhasilan pembelajaran Al-Qur’an secara teknis maupun spiritual.
Item Type: | Skripsi/Tesis/Disertasi/Laporan D3 (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Guru Taman Pendidikan Al-Qur’an, kualitas bacaan Al-Qur’an, santri, strategi pembelajaran |
Subjects: | 200 AGAMA > 2X7 Filsafat dan Pengembangannya > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam > 2X7.31 Pendidikan Islam--Metoda, Sistem dan Media |
Divisions: | Fakultas Agama Islam (FAI) > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | UNIMUDA Administrator Sorong |
Date Deposited: | 13 Aug 2025 04:31 |
Last Modified: | 13 Aug 2025 04:31 |
URI: | http://eprints.unimudasorong.ac.id/id/eprint/777 |