Efektivitas Penggunaan Metode Iqra dalam Pembelajaran Al-quran Santri Rumah Tilawah Quran Kanzunnajah Kota Sorong Papa Barat Daya

Setiawan, Ardi (2025) Efektivitas Penggunaan Metode Iqra dalam Pembelajaran Al-quran Santri Rumah Tilawah Quran Kanzunnajah Kota Sorong Papa Barat Daya. S1 thesis, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong.

[thumbnail of Ardi Setiawan-148623021020.pdf] Text
Ardi Setiawan-148623021020.pdf - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul Efektivitas Penggunaan Metode Iqra’ dalam PembelajaranAl-Qur’an Santri di Rumah Tilawah Qur’an Kanzunnajah. Latar belakangpenelitian ini adalah pentingnya kemampuan membaca Al-Qur’an secara baik danbenar sejak dini, sebagai pondasi utama dalam membentuk pribadi Muslim yangQur’ani. Metode Iqra’ merupakan salah satu metode yang digunakan secara luasdalam pembelajaran membaca Al-Qur’an, karena memiliki pendekatan yangsistematis, bertahap, dan mudah dipahami terutama bagi anak-anak. Penelitian inibertujuan untuk mengetahui seberapa efektif metode Iqra’ dalam meningkatkankemampuan membaca Al-Qur’an santri di Rumah Tilawah Qur’an Kanzunnajah.Penelitian ini menggunakan jenis penelitian studi kasus dengan pendekatankualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melaluiwawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari kepalaRumah Tilawah Qur’an, pengajar, santri, dan orang tua santri. Hasil penelitianmenunjukkan bahwa metode Iqra’ efektif dalam meningkatkan kemampuanmembaca Al-Qur’an santri, terutama dalam hal penguasaan huruf hijaiyah,penerapan tajwid dasar, dan kelancaran membaca. Faktor pendukungkeberhasilan metode ini meliputi kompetensi pengajar, ketersediaan mediapembelajaran, dukungan orang tua, dan semangat santri. Adapun faktorpenghambatnya adalah keterbatasan waktu belajar, motivasi santri yang berubah-ubah, serta kurangnya keterlibatan sebagian orang tua. Penelitian inimerekomendasikan agar lembaga lebih mengembangkan sistem evaluasi,memperluas pelatihan pengajar, dan melibatkan orang tua secara lebih aktif dalamproses pembelajaran Al-Qur’an.

Item Type: Skripsi/Tesis/Disertasi/Laporan D3 (S1)
Uncontrolled Keywords: efektivitas, metode Iqra’, pembelajaran, Al-Qur’an, santri
Subjects: 200 AGAMA > 2X7 Filsafat dan Pengembangannya > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
Divisions: Fakultas Agama Islam (FAI) > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: UNIMUDA Administrator Sorong
Date Deposited: 08 Aug 2025 06:31
Last Modified: 08 Aug 2025 06:31
URI: http://eprints.unimudasorong.ac.id/id/eprint/775

Actions (login required)

View Item
View Item