Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V SD YPK Viadolorosa Bintuni

Esterlin, Agnes Marice (2025) Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V SD YPK Viadolorosa Bintuni. S1 thesis, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong.

[thumbnail of Agnes Marice Esterlin-148620620003.pdf] Text
Agnes Marice Esterlin-148620620003.pdf - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui penggunaan media udiovisual terhadap Hasil belajar IPA siswa kelas V SD YPK Via Dolorosa Bintuni. Penelitian inimerupakan penelitian kuantitatif dengan desain one group pre test posttest. Populasi dalampenelitian ini adalah seluruh siswa kelas 5 Sekolah dasar Ypk Via Dolorosa Bintuni dan sampelkelas 5 berjumlah 32 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian Soal pre test dan post test.Variabel pada penelitian ini yang digunakan adalah media udio visual. Berdasarkan data yangdiperoleh dari pengujian menggunakan microsoft excel di peroleh hasil bahwa nilai siswa dari pretest mengalami peningkatan yang signifikan pada post test setelah penggunaan media AudioVisual dalam pembelajara IPA. Dari data tersebut terlihat nilai t pada pos-test lebih besar dari tpre-test sehingga H1 diterima dan Ho ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruhterhadap Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Hasil Blejar IPA Siswa Kelas V SD Ypk ViaDolorosa Bintuni.

Item Type: Skripsi/Tesis/Disertasi/Laporan D3 (S1)
Uncontrolled Keywords: Media Audio Visual, Hasil belajar, IPA di SD YPK Via Dolorosa Bintuni
Subjects: 300 ILMU SOSIAL > 372 Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa Sosial dan Olahraga (FABIO) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: UNIMUDA Administrator Sorong
Date Deposited: 24 Jul 2025 06:34
Last Modified: 24 Jul 2025 06:34
URI: http://eprints.unimudasorong.ac.id/id/eprint/767

Actions (login required)

View Item
View Item