Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi Menggunakan Powtoon Pada Mata Pelajaran Matematika Kela V di MI Rodlotul Khuffadz

Irianti, Aprilia (2024) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi Menggunakan Powtoon Pada Mata Pelajaran Matematika Kela V di MI Rodlotul Khuffadz. S1 thesis, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong.

[thumbnail of Aprilia Irianti - 148320720032.pdf] Text
Aprilia Irianti - 148320720032.pdf - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji efektivitas mediapembelajaran berbasis video animasi menggunakan Powtoon pada mata pelajaranmatematika kelas V di MI Roudlotul Khuffadz. Penelitian ini dilakukan untukmengatasi tantangan dalam proses pembelajaran yang sering kali kurang menarikdan sulit dipahami oleh siswa, khususnya dalam materi matematika yangmelibatkan operasi bilangan bulat. Media yang dikembangkan mengintegrasikanelemen visual dan audio yang menarik untuk memudahkan pemahaman konsepmatematika, seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen.Data dikumpulkan melalui tes pretest dan posttest, observasi, serta validasi ahlimateri dan media. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaranberbasis Powtoon efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa, denganpeningkatan nilai rata-rata tes siswa sebesar 23-26 poin setelah penggunaanmedia. Selain itu, siswa menunjukkan keterlibatan yang lebih tinggi dalampembelajaran, dengan 90% dari mereka aktif berpartisipasi dan tidak mengalamikesulitan teknis dalam penggunaan media. Hasil ini menunjukkan bahwapenggunaan media video animasi berbasis Powtoon dapat meningkatkan kualitaspembelajaran matematika di kelas V dan memberikan dampak positif pada minatdan pemahaman siswa.

Item Type: Skripsi/Tesis/Disertasi/Laporan D3 (S1)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Video Animasi, Powtoon, Matematika, Keefektifan Pembelajaran
Subjects: 000 KARYA UMUM > 005 Pemrograman Komputer, Program-program, Data
Divisions: Fakultas Pendidikan Eksakta (FEKSA) > Pendidikan Teknologi Informasi
Depositing User: UNIMUDA Administrator Sorong
Date Deposited: 24 Jul 2025 02:06
Last Modified: 24 Jul 2025 02:06
URI: http://eprints.unimudasorong.ac.id/id/eprint/764

Actions (login required)

View Item
View Item