Togelang, Greisela (2024) Implementasi Literasi Baca Tulis Melalui Pojok Baca di Kelas II D SDN 2 Raja Ampat. S1 thesis, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong.
![[thumbnail of Greisela Togelang-148620620123.pdf]](http://eprints.unimudasorong.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Greisela Togelang-148620620123.pdf - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (788kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena redahnya ketrampilan membacadan menulis pada siswa kelas II D.Penelitian ini bertujuan untuk Mendeskripsikanbagaimana implementasi literasi baca tulis melalui pojok baca di kelas II D SD N2 Raja Ampat, dan mendeskripsikan faktor penghambat dan pendukung dalamimplementasi literasi baca tulis melalui pojok baca di kelas II D SD N 2 RajaAmpat. Penelitian ini juga menggunakan metode kualitatif, desain penelitian studikasus. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakanwawancara,observasi,dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakanreduksi data,penyajian data dan penarikan kesimpulan.Hasil penelitian inimenunjukan bahwa implementasi literasi baca tulis melalui pojok baca di kelas IID SD N 2 raja Ampat; (1) sebelum pembelajaran di mulai guru mengajarkanmembaca dan menulis selama 15 menit; (2) pada saat pembelajaran bahasaindonesia guru mengarahkan siswa membaca buku cerita apa saja sesuaikeinginan dari siswa tersebut kemudian guru meminta siswa menceritakankembali apa yang dibaca di depan teman-temannya; (3) pada saat jam istirahat,setelah siswa selesai makan,dan di sisa waktu tersebut siswa di minta membacadan menulis melalu pojok baca sampai jam istirahat selesai; (4) waktu kososng diisi dengan literasi baca tulis; (5) literasi baca tulis 15 menit sebelum pulangsekolah. Peneliti menemukan 4 faktor penghambat Pertama: siswa yang belumbisa membaca dan menulis, kedua: kita masih menggunakan buku lama, ketiga:kurangnya dukungan dari sebagian orang tua dalam literasi baca tulis, keempat:siswa belum mengenal huruf serta bentuk hiruf A-Z. Dan 4 faktor pendukung 1)dorongan dari kepala, sekolah, 2) dukungan dari sebagian orang tua siswa, 3) ditunjang dengan sarana dan prasarana yang walaupun tidak sebegitu memadai, 4)siswa-siswi telah melaksanakan literasi baca tulis di pojok baca, ketika waktuliterasi telah tiba tanpa di arahkan oleh guru. Karena ada kemauan tersendiri daripara siswa tersebut
Item Type: | Skripsi/Tesis/Disertasi/Laporan D3 (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Literasi Baca Tulis, Pojok Baca |
Subjects: | 300 ILMU SOSIAL > 372 Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa Sosial dan Olahraga (FABIO) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | UNIMUDA Administrator Sorong |
Date Deposited: | 24 Jul 2025 01:39 |
Last Modified: | 24 Jul 2025 01:39 |
URI: | http://eprints.unimudasorong.ac.id/id/eprint/761 |