Peran Pendidikan Jasmani Dalam Meningkatkan Ketrampilan Motorik Kasar Pada Anak Usia Dini Tk Paud Betelmalasile Kota Sorong

Yumte, Novalia (2025) Peran Pendidikan Jasmani Dalam Meningkatkan Ketrampilan Motorik Kasar Pada Anak Usia Dini Tk Paud Betelmalasile Kota Sorong. S1 thesis, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong.

[thumbnail of Novalia Yumte-148520129063.pdf] Text
Novalia Yumte-148520129063.pdf - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Anak usia dini merupakan individu yang sedang mengalami proses perkembangandengan pesat, sehingga anak yang masih dalam prasekolah maka diperlukannya suatuperkembangan motorik kasar anak dan sudah harus dilakukan, yaitu salah satunyadengan menggunakan senam irama. Berdasarkan hasil observasi yang pernah penelititemukan di PAUD Betel Malasile Kota Sorong bahwa kurangnya motorik kasar padaperkembangan anak jalan di tempat, kurangnya perkembangan anak dalam berdirisatu kaki, kurangnya perkembangan anak dalam mengayunkan tangan, dan kurangnyaperkembangan anak dalam melakukan gerakan senam irama. Tujuan dari penelitianini yaitu mengetahui peranan senam irama dalam meningkatkan motorik kasar dalamperkembangan motorik dan mengetahui perkembangan motorik kasar anak setelahmelakukan senam irama di PAUD Betel Malasile Kota Sorong Metodologi dalampenelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Teknikpengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui observasi dan dokumentasi.Berdasarkan hasil pengumpulan data dapat disimpulkan bahwa, ketika pembelajarandengan menggunakan senam irama terlihat perkembangan motorik kasar anakberkembang ataupun meningkat setiap pertemuan sehingga anak dari yang tidak bisamelakukan gerakan sederhana menjadi bisa. Anak juga menjadi lebih bersemangatdikarenakan adanya musik sehingga anak menjadi senang dan ceria dalam melakukangerakan. Perkembangan fisik motorik kasar anak melalui senam irama mengalamikenaikan dapat dilihat dari hasil postest anak dihari ketiga yaitu 83,33% setelah diberiperlakuan. Oleh karena itu senam irama pada anak sangat berperan dan pentingsehingga senam irama harus diterapkan sejak usia dini.

Item Type: Skripsi/Tesis/Disertasi/Laporan D3 (S1)
Uncontrolled Keywords: Senam Irama, Motorik Kasar, Anak Usia 5-6 Tahun
Subjects: 300 ILMU SOSIAL > 370 Pendidikan > 371.1 Guru dan Aktivitas Pembelajaran > 371.102 Aktivitas Pembelajaran, Aktivitas Pengajaran
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa Sosial dan Olahraga (FABIO) > Pendidikan Jasmani (PENJAS)
Depositing User: UNIMUDA Administrator Sorong
Date Deposited: 24 Jul 2025 00:20
Last Modified: 24 Jul 2025 00:20
URI: http://eprints.unimudasorong.ac.id/id/eprint/758

Actions (login required)

View Item
View Item