Strategi Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Kemampuan Kreativitas pada Anak Kelompok B di TK Cendrawasih Kasih Amas

Labok, Yosepa (2025) Strategi Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Kemampuan Kreativitas pada Anak Kelompok B di TK Cendrawasih Kasih Amas. S1 thesis, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong.

[thumbnail of Yosepa Labok-148620721022.pdf] Text
Yosepa Labok-148620721022.pdf - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (581kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi melihat perkembangan kreativitas peserta didikkelompok B di TK Cendrawasi Kasih Aimas, pada saat pembelajaran berbasis proyekkegiatan pembelajaran yang dilakukan masih cenderung menggunakan cara yangkonvensional dan menggunakan media yang terbatas sehingga perlunya adanyainovasi dalam penerapan kegiatan pembelajaran dalam mengembangkan aspekkemampuan pada anak secara umum dan kreativitas pada khususnya. Tujuanpenelitian ini untuk Untuk mengetahui dan mendeskripsikan kemampuan kreativitaspada anak kelompok B di TK Cendrawasih Asih Aimas dan Untuk mengetahuipembelajaran berbasis proyek dapat berperan pada kemampuan kreativitas anakKelompok B di TK Cendrawasih Asih Aimas. Jenis penelitian yang digunakan padapenelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif,yang mana berfokus pada pengamatan yang dilakukan secara mendalam melaluikegiatan observasi mengenai strategi pembelajaran berbasis proyek terhadapkemampuan kreativitas pada anak kelompok B di TK Cendrawasih Asih Aimas.Pengumpulan data didapatkan dengan obeservasi, wawancara dan dokumentasi.Teknik analisis data yang digunakan terdiri dari tiga langkah yaitu reduksi data,penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data menggunakantrianggulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) implementasipembelajaran berbasis proyek dalam mengembangkan kreativitas anak padakelompok B di TK Cendrawasih Asih Aimas dilaksanakan melalui beberapa tahapyaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap lanjutan dan evaluasi. (2) faktorpendukung pembelajaran berbasis proyek yaitu kondisi lingkungan sekolah yangkondusif, dukungan orang tua, faktor internal dalam diri anak, sarana prasarana danprotokol kesehatan. Faktor penghambat yaitu kuantitas guru, emosi / mood anak tidakstabil, dan pembiayaan.

Item Type: Skripsi/Tesis/Disertasi/Laporan D3 (S1)
Uncontrolled Keywords: Kreativitas, Pembelajaran, Proyek
Subjects: 300 ILMU SOSIAL > 372 Pendidikan Dasar > 372.21 Pendidikan Pra Sekolah
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa Sosial dan Olahraga (FABIO) > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD)
Depositing User: UNIMUDA Administrator Sorong
Date Deposited: 23 Jul 2025 23:48
Last Modified: 23 Jul 2025 23:48
URI: http://eprints.unimudasorong.ac.id/id/eprint/755

Actions (login required)

View Item
View Item