Meningkatkan Kemampuan Mengurutkan Pola Melalui Media Bahan Alam Pada Anak Kelompok B di TK Al Azhar Kota Sorong

Nasrawati, Nasrawati (2025) Meningkatkan Kemampuan Mengurutkan Pola Melalui Media Bahan Alam Pada Anak Kelompok B di TK Al Azhar Kota Sorong. S1 thesis, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong.

[thumbnail of Nasrawati-148620722003.pdf] Text
Nasrawati-148620722003.pdf - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Pembahasan dilapangan bahwa anak kelompok B TK Al Azhar Kota Sorongkemampuan mengurutkan pola belum sesuai harapan, Penelitian ini bertujuan untukUntuk Meningkatkan Kemampuan Mengurutkan Pola melalui Bahan Alam padaAnak Kelompok B di TK Al Azhar Kota Sorong. Penelitian ini merupakan penelitiantindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B TK Al Azhar KotaSorong yang berjumlah 16 anak. Metode pengumpulan data yang digunakan adalahobservasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persentase padapra tindakan 37,5%, dan meningkat pada siklus I pertemuan pertama 62,5%,meningkat lagi pada siklus I pertemuan kedua menjadi 75%. mengenal pola sesuaidengan indikator, mulai meningkat kembali pada siklus II pertemuan pertamamenjadi 81,25%, kemudian meningkat lagi pada pertemuan kedua menjadi 93,75%sehingga mencapai target keberhasilan yang diinginkan oleh peneliti. Penelitian inidikatakan berhasil apabila 80% anak berada pada tingkat kemampuan berkembangsesuai harapan. Kesimpulan Dari siklus I sampai siklus II dengan menggunakanmedia bahan alam dapat meningkatkan kemampuan mengenal pola pada anak.

Item Type: Skripsi/Tesis/Disertasi/Laporan D3 (S1)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan, Mengurutkan pola, Media Bahan Alam
Subjects: 300 ILMU SOSIAL > 372 Pendidikan Dasar > 372.21 Pendidikan Pra Sekolah
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa Sosial dan Olahraga (FABIO) > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD)
Depositing User: UNIMUDA Administrator Sorong
Date Deposited: 23 Jul 2025 23:45
Last Modified: 23 Jul 2025 23:45
URI: http://eprints.unimudasorong.ac.id/id/eprint/754

Actions (login required)

View Item
View Item