Nasrawati, Nasrawati (2025) Meningkatkan Kemampuan Mengurutkan Pola Melalui Media Bahan Alam Pada Anak Kelompok B di TK Al Azhar Kota Sorong. S1 thesis, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong.
![[thumbnail of Nasrawati-148620722003.pdf]](http://eprints.unimudasorong.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Nasrawati-148620722003.pdf - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
Abstract
Pembahasan dilapangan bahwa anak kelompok B TK Al Azhar Kota Sorongkemampuan mengurutkan pola belum sesuai harapan, Penelitian ini bertujuan untukUntuk Meningkatkan Kemampuan Mengurutkan Pola melalui Bahan Alam padaAnak Kelompok B di TK Al Azhar Kota Sorong. Penelitian ini merupakan penelitiantindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B TK Al Azhar KotaSorong yang berjumlah 16 anak. Metode pengumpulan data yang digunakan adalahobservasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persentase padapra tindakan 37,5%, dan meningkat pada siklus I pertemuan pertama 62,5%,meningkat lagi pada siklus I pertemuan kedua menjadi 75%. mengenal pola sesuaidengan indikator, mulai meningkat kembali pada siklus II pertemuan pertamamenjadi 81,25%, kemudian meningkat lagi pada pertemuan kedua menjadi 93,75%sehingga mencapai target keberhasilan yang diinginkan oleh peneliti. Penelitian inidikatakan berhasil apabila 80% anak berada pada tingkat kemampuan berkembangsesuai harapan. Kesimpulan Dari siklus I sampai siklus II dengan menggunakanmedia bahan alam dapat meningkatkan kemampuan mengenal pola pada anak.
Item Type: | Skripsi/Tesis/Disertasi/Laporan D3 (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan, Mengurutkan pola, Media Bahan Alam |
Subjects: | 300 ILMU SOSIAL > 372 Pendidikan Dasar > 372.21 Pendidikan Pra Sekolah |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa Sosial dan Olahraga (FABIO) > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD) |
Depositing User: | UNIMUDA Administrator Sorong |
Date Deposited: | 23 Jul 2025 23:45 |
Last Modified: | 23 Jul 2025 23:45 |
URI: | http://eprints.unimudasorong.ac.id/id/eprint/754 |