Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran “PADI” (Papan Diagram) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas III SD Cinta Kasih Kota Sorong

Manullang, Tasya Rumoedang (2025) Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran “PADI” (Papan Diagram) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas III SD Cinta Kasih Kota Sorong. S1 thesis, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong.

[thumbnail of Tasya Rumoendang Manullang-148620620071.pdf] Text
Tasya Rumoendang Manullang-148620620071.pdf - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Literasi matematika di Indonesia menunjukkan peningkatan yang masih terbatasdari tahun ke tahun. Penilaian Programme for International Student Assessment(PISA) pada tahun 2022 mencatat skor terendah Indonesia sejak tahun 2006.Selama periode penilaian dari tahun 2000 hingga 2018, siswa Indonesia secarakonsisten menunjukkan penurunan kinerja dalam bidang membaca danmatematika, jauh di bawah standar kompetensi minimum global yang diperlukanuntuk berpartisipasi secara efektif dalam masyarakat modern. Pada tahun 2022,Indonesia memperoleh skor literasi matematika sebesar 379, menempatkannyapada peringkat ke-69 dari seluruh negara peserta. Salah satu faktor penyebabrendahnya capaian ini adalah kurangnya inovasi dalam metode pengajaran olehpara pendidik, yang cenderung masih mengandalkan pendekatan ceramahtradisional serta minimnya pemanfaatan media pembelajaran dalam proses belajarmengajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen kuantitatif dengandesain One-Group Pretest-Posttest untuk mengkaji efektivitas media pembelajaranPADI (Papan Diagram). Variabel bebas dalam penelitian ini adalah penggunaanmedia pembelajaran PADI, sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajarmatematika siswa kelas III di SD Cinta Kasih, Kota Sorong. Data diperolehmelalui 20 soal pretest dan 20 soal posttest. Prosedur analisis data meliputi ujivaliditas, uji reliabilitas, uji normalitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitianmenunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 (p < 0,05), yang berarti terdapatperbedaan yang signifikan secara statistik antara skor pretest dan posttest. Temuanini mendukung penolakan hipotesis nol dan menerima hipotesis alternatif, yangmengonfirmasi bahwa penggunaan media PADI memberikan pengaruh yangbermakna terhadap peningkatan hasil belajar matematika siswa. Dengandemikian, dapat disimpulkan bahwa integrasi media PADI dalam prosespembelajaran memberikan kontribusi positif terhadap peningkatan capaian belajarmatematika siswa kelas III di SD Cinta Kasih, Kota Sorong.

Item Type: Skripsi/Tesis/Disertasi/Laporan D3 (S1)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Papan Diagram, Hasil Belajar Matemtika
Subjects: 300 ILMU SOSIAL > 372 Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa Sosial dan Olahraga (FABIO) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: UNIMUDA Administrator Sorong
Date Deposited: 23 Jul 2025 07:44
Last Modified: 24 Jul 2025 06:27
URI: http://eprints.unimudasorong.ac.id/id/eprint/753

Actions (login required)

View Item
View Item