Implementasi Program Durus Idhafi Dalam Pembentukan Karakter Siswa Muhammadiyah Boarding School MTs Muhammadiyah 2 Aimas Kabupaten Sorong

Imran, Imran (2025) Implementasi Program Durus Idhafi Dalam Pembentukan Karakter Siswa Muhammadiyah Boarding School MTs Muhammadiyah 2 Aimas Kabupaten Sorong. S1 thesis, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong.

[thumbnail of Imran -148623021054.pdf] Text
Imran -148623021054.pdf - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini membahas implementasi Program Durus Idhafi dalam pembentukankarakter siswa di lingkungan Ma’had. Program ini merupakan pelajaran tambahanberbasis nilai-nilai Islam yang diselenggarakan di luar jam pelajaran formal, dengantujuan menanamkan nilai-nilai moral, spiritual, dan akhlak mulia kepada siswa.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana efektivitas programDurus Idhafi dalam membentuk karakter siswa, serta mengidentifikasi faktorpendukung dan penghambat pelaksanaannya. Metode yang digunakan adalahkualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi,wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasiProgram Durus Idhafi efektif dalam pembentukan karakter siswa melaluipendekatan pendidikan Islam yang holistik, mencakup aspek kognitif, afektif, danpsikomotorik dengan metode ceramah, diskusi, tanwirul qulub, dan keteladanan.Keberhasilan program tercermin dari perubahan perilaku santri dalam kedisiplinan,akhlak mulia, dan tanggung jawab sosial. Faktor pendukung utama meliputisemangat pengajar dan santri, suasana asrama yang kondusif, serta metodepembelajaran yang aplikatif. Namun, hambatan seperti pemilihan guru yang sesuai,kedisiplinan waktu, perbedaan pemahaman santri, kurangnya pelatihan pengampu,dan lemahnya sinergi antara sekolah dan keluarga perlu diatasi agar program dapatberjalan lebih optimal.

Item Type: Skripsi/Tesis/Disertasi/Laporan D3 (S1)
Uncontrolled Keywords: Implementasi Program, Durus Idhafi, karakter siswa, pendidikan Islam, nilai-nilai keislaman.
Subjects: 200 AGAMA > 2X7 Filsafat dan Pengembangannya > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
Divisions: Fakultas Agama Islam (FAI) > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: UNIMUDA Administrator Sorong
Date Deposited: 23 Jul 2025 06:45
Last Modified: 23 Jul 2025 06:45
URI: http://eprints.unimudasorong.ac.id/id/eprint/745

Actions (login required)

View Item
View Item