Pengaruh Penggunaan Literasi Baca Tulis Terhadap Kemampuan Membaca Siswa Kelas VII Mts Az-Zikra Kota Sorong

Kambuaya, Olive Marisa Mirachel (2025) Pengaruh Penggunaan Literasi Baca Tulis Terhadap Kemampuan Membaca Siswa Kelas VII Mts Az-Zikra Kota Sorong. S1 thesis, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong.

[thumbnail of Olive Marisa Mirachel Kambuaya-148820118047.pdf] Text
Olive Marisa Mirachel Kambuaya-148820118047.pdf - Supplemental Material
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Literasi merupakan keterampilan mendasar yang sangat penting dalam mendukungkeberhasilan siswa, baik dalam memahami berbagai bidang ilmu maupun dalam membentuk karakterdan kecerdasan akademik. Literasi membaca dan menulis menjadi fondasi utama karena berperan besardalam membantu siswa menyerap informasi, berpikir kritis, serta mengekspresikan ide secara tertulis.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan literasi baca tulis terhadapkemampuan membaca siswa dan berapa besar pengaruh penggunaan literasi baca tulis terhadapkemampuan membaca siswa kelas VII MTs AZ-ZIKRA Kota Sorong. Metode penelitian ini adalahdeskripsi kuantitatif dengan desain penelitiannya one group pretes-postest desain. Populasi dalampenelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs Az-Zikra Kota Sorong sebanyak 20 orang. Teknikpengambilan sampel adalah sampel jenuh sehingga sampel dalam penelitian ini sebanyak 20 orang.Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, penyebaran kuisioner, studi pustaka dandokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji validitas dan uji reliabilitas, uji normalitas,serta uji hipotesis.Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan literasi baca tulis berpengaruhsecara signifikan untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas VII MTs Az-Zikra KotaSorong. Hal ini ditunjukkan dengan kenaikan nilai rata-rata tes awal sebesar 61,2 menjadi 71,2 padates akhir, dengan selisih peningkatan rata-rata sebesar 10 poin atau 16,34%. Proses pembelajaranyang dilakukan melalui literasi baca tulis terbukti efektif dalam membantu siswa mencapai tujuanpembelajaran yaitu meningkatkan kemampuan membacanya. Selanjutnya analisis statistikmengungkapkan bahwa penggunaan literasi baca tulis memiliki pengaruh signifikan terhadapkemampuan membaca siswa dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 (< 0,05). Ini mengindikasikanbahwa perubahan model pembelajaran berbasis literasi baca tulis berkontribusi secara nyata dalammeningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Skripsi/Tesis/Disertasi/Laporan D3 (S1)
Uncontrolled Keywords: Literasi baca tulis, kemampuan membaca, siswa kelas VII, MTs AZ-ZIKRA
Subjects: 400 BAHASA > 499.221 Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa Sosial dan Olahraga (FABIO) > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: UNIMUDA Administrator Sorong
Date Deposited: 17 Jul 2025 23:20
Last Modified: 17 Jul 2025 23:20
URI: http://eprints.unimudasorong.ac.id/id/eprint/737

Actions (login required)

View Item
View Item