Penerapan Game Education Caplay Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Pada Materi Ekosistem Kelas 7 SMP Negeri 1 Fakfak

Diyani, Diyani (2025) Penerapan Game Education Caplay Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Pada Materi Ekosistem Kelas 7 SMP Negeri 1 Fakfak. S1 thesis, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong.

[thumbnail of Diyani-RPL12384205001.pdf] Text
Diyani-RPL12384205001.pdf - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Minat belajar peserta didik disekolah SMP Negeri 1 Fakfak masih kurang, maka akanmenyebabkan pembelajaran tidak aktif, dan akan berdampak pada hasil belajar. Oleh sebab itukita sebagai pendidik harus bisa membangkitkan minat belajar peserta didik. Kita juga sebagaipendidik harus bisa meningkatkan minat belajar merupakan hal yang paling penting dalam dirisetiap manusia supaya tercapainya tujuan yang dituju oleh seorang pendidik, terutama dalam diripeserta didik untuk mempunyai rasa semangat dalam belajar. Seorang pendidik yang baikmampu membangkitkan minat belajar. Namun setiap setiap mata pelajaran berbeda- beda tingkatkesulitannya, Jadi untuk membangkitkan minat belajar dengan adanya dorongan belajar yangkuat terutama dari pendidik. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu Bagaimanapenggunaan Penerapan Game Edukasi Caplay Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Biologi padaMateri Ekosistem di Kelas 7 (tujuh) SMP Negeri 1 Fakfak?. Penelitian ini menggunakan metodepenelitian kuantitatif. Dalam penelitian yang menjadi populasi adalah peserta didik kelas 7B.Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah test hasil belajar, observasi,wawancara dan dokumentasi. Tujuan dalam penelitian ini adalah: Bagaimana menerapkan GameEducation Caplay Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Pada Materi Ekosistem Kelas 7SMP Negeri 1 Fakfak Tahun Pelajaran 2024/2025, Hingga Minimal Mencapai KKM 70 YangDitetapkan Oleh Sekolah. Penerapan Game Education Caplay dapat digunakan untukmempermudah peserta didik memahami konsep materi pelajaran dan latihan soal yang didesignmenarik dan disesuaikan dengan perkembangan dan teknologi, selain itu juga dapat merangsangdan kreatifitas peserta didik dan meningkatkan logika dan pemahaman pemain saatmenggunakannya, saat ini banyak peserta didik yang lebih tertarik dengan menggunakancomputer atau media teknologi lannya.

Item Type: Skripsi/Tesis/Disertasi/Laporan D3 (S1)
Uncontrolled Keywords: Game_Education _Caplay, Biologi, Ekosistem
Subjects: 500 SAINS, ILMU PENGETAHAN > 570 Biologi, Ilmu Hayat
Divisions: Fakultas Pendidikan Eksakta (FEKSA) > Pendidikan Biologi
Depositing User: UNIMUDA Administrator Sorong
Date Deposited: 17 Jul 2025 12:56
Last Modified: 17 Jul 2025 12:56
URI: http://eprints.unimudasorong.ac.id/id/eprint/720

Actions (login required)

View Item
View Item