Kabera, Serli Nelli (2025) Pengaruh Modul Pembelajaran IPA Berbasis Konseptual terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII pada Mateti Bioteknologi di SMP Negeri 5 Kabupaten Sorong. S1 thesis, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong.
![[thumbnail of Serli Nelli Kabera-148420619018.pdf]](http://eprints.unimudasorong.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Serli Nelli Kabera-148420619018.pdf - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh modul pembelajaran terhadap hasilbelajar IPA biologi Berbasis Konseptual terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII padaMateti Bioteknologi di SMP Negeri 5 Kabupaten Sorong, Metode yang digunakandalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK), PTKdilaksanakan sebagai upaya untuk mengatasi permasalahan yang muncul di dalam kelas.Metode ini dilakukan dengan empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan,dan refleksi. Keempat tahapan tersebut merupakan siklus yang berlangsung secaraberulang dan dilakukan dengan langkah-langkah yang sama dan difokuskan padapembelajaran kontekstual. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukanmenunjukkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Peningkatan tersebutdapat dilihat melalui siklus yang telah dilakukan. Pada siklus I rata-rata hasil belajarsiswa 42,56 pada saat pretes dan 74,66 pada saat postes. Sementara pada siklus II rata-rata hasil belajar siswa 48,33 pada saat pretes dan 78,28 pada saat postes. Dengandemikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kontekstual dapatmeningkatkan hasil belajar biologi siswa pada konsep bioteknologi.
Item Type: | Skripsi/Tesis/Disertasi/Laporan D3 (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Modul Belajar, Konseptual, Bioteknologi |
Subjects: | 500 SAINS, ILMU PENGETAHAN |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Eksakta (FEKSA) > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam |
Depositing User: | UNIMUDA Administrator Sorong |
Date Deposited: | 17 Jul 2025 12:50 |
Last Modified: | 17 Jul 2025 12:50 |
URI: | http://eprints.unimudasorong.ac.id/id/eprint/719 |