Almaida, Almaida (2025) Pengembangan E-modul STEM Berbasis Literasi Sains Pada Materi Pencemaran Lingkungan. S1 thesis, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong.
![[thumbnail of Almaida-148420621001.pdf]](http://eprints.unimudasorong.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Almaida-148420621001.pdf - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini membahas tentang pengembangan e-modul STEM berbasis literasisains pada materi pencemaran lingkungan untuk kelas VII SMP Itas Rios Sorong.Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar yang layak (valid danpraktis) sehingga menghasilkan e-modul yang layak digunakan dalampembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development(R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan, yaitu(1) Analisis, (2) Desain (3) Pengembangan (4) Implementasi dan (5) Evaluasi.Subjek penelitian ini meliputi satu dosen ahli materi sebagai ahli materi 1, satuguru IPA sebagai ahli materi 2, serta dua ahli media yang terdiri atas satu dosensebagai ahli media 1 dan satu guru IPA sebagai ahli media 2, dan objek penelitianini adalah siswa kelas VII SMP Itas Rios Sorong. Hasil dari penelitian ini yaitu:(1) E-modul yang di kembangkan menjadi bahan ajar yang digunakan dalampembelajaran (2) alat filtrasi air sederhana dikembangkan sebagai bagian dariimplementasi media STEM berbasis literasi sains. Berdasarkan hasil validasi, ahlimateri 1 mendapatkan skor presentase sebesar 88.91% dengan kategori “sangatlayak”, oleh ahli materi 2 mendapatkan skor presentase sebesar 100% dengankategori “sangat layak”, untuk validasi ahli media 1 mendapatkan skor presentasesebesar 99.17% dengan kategori “sangat layak”, dan ahli media 2 mendapatkanskor presentase sebesar 99.31% dengan kategori “sangat layak”, dan respon siswasebagai pengguna mendapatkan presentase sebesar 96.67 dengan kategori “sangatlayak”. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa e-modul STEM berbasisliterasi sains pada materi pencemaran lingkungan dinyatakan layak digunakansebagai bahan ajar dalam pembelajaran untuk siswa kelas VII SMP Itas RiosSorong.
Item Type: | Skripsi/Tesis/Disertasi/Laporan D3 (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | E-modul, STEM, Literasi Sains, Alat Filtarsi Air Sederhana, Pencemaran Lingkungan. |
Subjects: | 300 ILMU SOSIAL > 370 Pendidikan > 370.7 Pendidikan Ilmu Kependidikan > 370.72 Riset Penelitian Ilmu Pendidikan, Riset Penelitian Pendidikan 500 SAINS, ILMU PENGETAHAN |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Eksakta (FEKSA) > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam |
Depositing User: | UNIMUDA Administrator Sorong |
Date Deposited: | 17 Jul 2025 12:47 |
Last Modified: | 17 Jul 2025 12:47 |
URI: | http://eprints.unimudasorong.ac.id/id/eprint/718 |