Vanderweyden, Ketlin Irta (2025) Pengaruh Program Literasi Sekolah Terhadap Minat Baca Peserta Didik Kelas III SD Inpres 16 Kabupaten Sorong. S1 thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN MUHAMMADIYAH SORONG.
![[thumbnail of Ketlin Irta Vanderweyden-148620618098.pdf]](http://eprints.unimudasorong.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Ketlin Irta Vanderweyden-148620618098.pdf - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (2MB)
Abstract
Literasi merupakan kemampuan yang berkaitan dengan kegiatan membaca, berpikir dan menulis yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan memahami informasi secara kritis, kreatif dan reflektif. Literasi sekolah sangat diperlukan pada berbagai sendi kehidupan manusia, sebab literasi dapat menjadi kunci agar manusia bertindak sebagi manusia yang berilmu dan beradab. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh program literasi sekolah terhadap minat baca peserta didik Kelas III SD Inpres 16 Kabubapten Sorong. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode penelitian Ex Post Facto. Metode penelitian yang digunakan penulis dalam penelitian ini dengan melihat pertimbangan yang ada adalah dengan metode penelitian Ex Post Facto. Adapun variabel X (bebas) pada penelitian ini adalah Program Literasi. variabel Y (terikat) pada penelitian ini adalah Minat baca peserta didik. Waktu penelitian ini dilaksanakan mulai pada 17 Oktober 2022 sampai dengan waktu yang ditetapkan. Lokasi penelitian ini di SD Inpres 16 Kabubapten Sorong, Provinsi Papua Barat Daya. Metode analisis data ini bertujuan untuk melihat atau menentukan variabel literasi dasar terhadap minat baca. Uji t digunakan untuk menguji pengaruh variabel-variabel bebas terhadap variabel terikat secara parsial. Taraf yang digunakan sebesar 5%. Berdasarkan penelitian dalam rangka pembahasan skripsi yang berjudul “pengaruh Progran literasi sekolah terhadap minat baca peserta didik Kelas III SD Inpres 16 Kabupaten Sorong”, dapat diambil kesimpulan yaitu Hasil uji regresi linear menunjukan bahwa nilai signifikan (sig) 0,001 < 0,05 maka signifikan disini berarti Ha diterima dan Ho ditolak, artinya bahwa berpengaruh yang signifikan antara Program literasi sekolah berpengaruh terhadap minat membaca peserta didik Kelas III SD Inpres 16 Kabupaten Sorong.
Item Type: | Skripsi/Tesis/Disertasi/Laporan D3 (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Program Literasi Sekolah, Minat Membaca, Peserta Didik |
Subjects: | 300 ILMU SOSIAL > 372 Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa Sosial dan Olahraga (FABIO) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | pustakawan UNIMUDA |
Date Deposited: | 16 Jul 2025 13:54 |
Last Modified: | 16 Jul 2025 13:54 |
URI: | http://eprints.unimudasorong.ac.id/id/eprint/699 |