Mamonto, Tusi Yolanda (2024) Pengembangan Media Board Game “Pacaroli” Pada Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Kelas I di SD Muhammadiyah Aimas. S1 thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN MUHAMMADIYAH SORONG.
![[thumbnail of Tusi Yolanda Mamonto-148620620118.pdf]](http://eprints.unimudasorong.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Tusi Yolanda Mamonto-148620620118.pdf - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa board game bernama "PACAROLI" untuk meningkatkan keterampilan membaca permulaan siswa kelas I di SD Muhammadiyah Aimas, Kabupaten Sorong. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Hasil penelitian menunjukkan bahwa media board game "PACAROLI" valid, praktis, dan efektif digunakan sebagai media pembelajaran. Validitas media dibuktikan dengan skor rata-rata dari para ahli sebesar 96%. Kepraktisan diukur melalui respon siswa, dengan lebih dari 70% siswa memberikan tanggapan positif. Keefektifan media ditunjukkan melalui hasil pre-test dan post-test yang menunjukkan peningkatan signifikan (p < 0,05). Dengan demikian, media "PACAROLI" dapat menjadi solusi inovatif dalam meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas I.
Item Type: | Skripsi/Tesis/Disertasi/Laporan D3 (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Board Game “PACAROLI”, Reading Skills |
Subjects: | 300 ILMU SOSIAL > 372 Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa Sosial dan Olahraga (FABIO) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | pustakawan UNIMUDA |
Date Deposited: | 16 Jul 2025 13:47 |
Last Modified: | 24 Jul 2025 06:47 |
URI: | http://eprints.unimudasorong.ac.id/id/eprint/698 |