Problematika Literasi Baca Tulis SD Negeri 40 Kota Sorong

Sarury, Yuliana (2025) Problematika Literasi Baca Tulis SD Negeri 40 Kota Sorong. S1 thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN MUHAMMADIYAH SORONG.

[thumbnail of Yuliana Sarury-148620620078.pdf] Text
Yuliana Sarury-148620620078.pdf - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Problematika Literasi Baca Tulis SD Negeri 40 Kota Sorong. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus, karna penelitian ini ingin mendeskripsikan secara mendalam hasil dari penelitian lapangan yang telah diteliti. Teknik pengumpulan data melalui Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru-guru dan murid SD Negeri 40 Kota Sorong. Pengumpulan data dilakukan Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Dalam menganalisis data ada 2 jalur yang terjadi bersamaan yaitu Problematika dan faktor penghambat Literasi Baca Tulis. Hasil penelitian ini dapat di simpulkan bahwa problematika dan faktor pengehambat guru dan murid dalam mejalankan Pembelajaran Literasi Baca Tulis. Penelitian kualitatif data yang dikumpulkan bukan berupa angka-angka melainkan data yang berasal dari data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasaan sebelumnya dalam mengindentifikasi problematika dan faktor penghambat pelaksanaan pembelajaran Literasi baca tulis yaitu dalam hal pelaksanaan pembelajaran literasi baca tulis, pada saat melakukan literasi baca tulis selam 15 Menit. Guru yang kurang perhatian kepada murid yang belum lancar membaca, buku-buku yang kurang bervariasi yang tidak disukai murid, Rendahnya minat membaca karena kurang pendamping guru,dan Penggunaan alat teknologi yang belum dimiliki SD Negeri 40 Kota Sorong

Item Type: Skripsi/Tesis/Disertasi/Laporan D3 (S1)
Uncontrolled Keywords: Problematika Pembelajaran Literasi Baca Tulis
Subjects: 300 ILMU SOSIAL > 372 Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa Sosial dan Olahraga (FABIO) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: pustakawan UNIMUDA
Date Deposited: 16 Jul 2025 13:41
Last Modified: 16 Jul 2025 13:41
URI: http://eprints.unimudasorong.ac.id/id/eprint/697

Actions (login required)

View Item
View Item