Betteng, Meis (2025) Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pebelajaran Matematika Kelas V di Sd Muhammadiyah Aimas. S1 thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN MUHAMMADIYAH SORONG.
![[thumbnail of Meis Betteng -148620621215.pdf]](http://eprints.unimudasorong.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Meis Betteng -148620621215.pdf - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (4MB)
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan implementasi Kurikulum Merdeka, mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan, hingga penilaian yang dilakukan guru dalam proses pembelajaran matematika. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan model Miles dan Huberman yang meliputi tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses perencanaan meliputi analisis capaian pembelajaran, penyusunan tujuan dan alur tujuan pembelajaran, asesmen diagnostik, serta pengembangan modul ajar yang disusun sesuai karakteristik peserta didik. Pada tahap pelaksanaan, guru menerapkan strategi diferensiasi berupa diferensiasi konten, proses, produk, dan lingkungan belajar yang disesuaikan dengan gaya belajar, minat, dan kemampuan peserta didik. Penilaian dilakukan secara formatif dan sumatif, dengan penggunaan berbagai instrumen yang mendukung pengukuran capaian belajar peserta didik. Implementasi Kurikulum Merdeka di SD Muhammadiyah Aimas sudah berjalan sesuai dengan prosedur dan standar yang ditetapkan, meskipun terdapat beberapa kendala yang perlu terus diperbaiki dan ditingkatkan agar proses pembelajaran lebih optimal. Secara umum, penerapan kurikulum ini mampu meningkatkan kualitas pembelajaran matematika dan pengembangan potensi peserta didik secara menyeluruh.
Item Type: | Skripsi/Tesis/Disertasi/Laporan D3 (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi Kurikulum Merdeka, Pembelajaran Matematika SD |
Subjects: | 300 ILMU SOSIAL > 372 Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa Sosial dan Olahraga (FABIO) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | pustakawan UNIMUDA |
Date Deposited: | 16 Jul 2025 13:15 |
Last Modified: | 16 Jul 2025 13:15 |
URI: | http://eprints.unimudasorong.ac.id/id/eprint/691 |