Analisis Pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah Siswa Kelas III di SD Inpres 18 Kabupaten Sorong

Bilolo, Ferni (2025) Analisis Pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah Siswa Kelas III di SD Inpres 18 Kabupaten Sorong. S1 thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN MUHAMMADIYAH SORONG.

[thumbnail of Ferni Bilolo-148620620167.pdf] Text
Ferni Bilolo-148620620167.pdf - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Analisis Pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah Siswa Kelas III di SD Inpres 18 Kabupaten Sorong. Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong, Fakultas Bahasa, Sosial, dan Olahraga, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2025. Pembimbing, Adi Iwan Hermawan, M.Pd. Selfiani, M.Pd. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif karena penelitian ini ingin menggambarkan fakta, keadaan ataupun faktor yang mempengaruhi Pelaksanaa Gerakan Literasi Sekolah. Metode penelitian kualitatif diartikan sebagai penelitian yang berlandaskan pada filsafat positivisme, digunakan untuk meneliti pada kondisi objek yang ilmiah di mana penelitih sebagai instrument kunci, Teknik pengumpulan data dilakukan secara trugulasi (gabungan), analisis data bersifat induktif/kualitatif, dan hasil penelitian kualitatif lebih mengarah ke meknanya dari pada generalisasi, kualitatif juga merupakan cara ilmiah untuk mendapatkan data dengan tujuan dan kegunaan tertentu. Hasil Penelitian ini Secara umum gerakan literasi sekolah pada siswa kelas III di SD Inpres 18 Kabupaten Sorong sudah terlaksana akan tetapi pelaksanaan gerakan literasi pada siswa kelas III di SD Inpres 18 Kabuputen Sorong tidak terlaksana secara merata karena hanya beberapa kelas yang melaksanakan gerakan literasi dan itupun tidak maksimal dengan bukti yang adanya pojok literasi yang telah disediakan pihak sekolah dan bahan bacaan yang digunakan untuk kegiatan literasi kurang memadai tidak sesuai dengan minat para siswa. Namun pada dasarnya guru kelas III tidak melakukan Gerakan literasi setiap hari dan ada tahapan-tahapan yang tidak diterapkan oleh guru kelas III.

Item Type: Skripsi/Tesis/Disertasi/Laporan D3 (S1)
Uncontrolled Keywords: Analisis, GLS, Sekolah Dasar, siswa kelas III Inpres 18 Kabupaten Sorong
Subjects: 300 ILMU SOSIAL > 372 Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa Sosial dan Olahraga (FABIO) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: pustakawan UNIMUDA
Date Deposited: 16 Jul 2025 13:10
Last Modified: 24 Jul 2025 05:54
URI: http://eprints.unimudasorong.ac.id/id/eprint/690

Actions (login required)

View Item
View Item