Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD YPK Eklesia Klasaman 1 Kota Sorong

Sagisolo, Margaretha (2025) Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD YPK Eklesia Klasaman 1 Kota Sorong. S1 thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN MUHAMMADIYAH SORONG.

[thumbnail of Margaretha Sagisolo -148620618117.pdf] Text
Margaretha Sagisolo -148620618117.pdf - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning (PBL) berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SD YKP Eklesia Klasaman 1 Kota Sorong. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD YPK Eklesia Klasaman 1 Kota Sorong. Subyek dalam penelitian ini sebanyak 23 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. metode dengan tipe pretest-posttest. Kegiatan penelitian ini memberikan tes awal (pretest) sebelum diberikan perlakuan, setelah diberikan perlakuan selanjutnya memberikan tes akhir (pestest). Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrument final berupa tes objektif. Hasil penelitian diuji dan dianalisis dengan menggunakan uji-t. Hasil analisis uji-t menunjukkan nilai probability sebesar 0,000 dengan taraf signifikan α = 0,05. Hal ini berarti hasil penelitian menunjukkan bahwa model problem based learning berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SD. Oleh karena itu, model problem based learning hendaknya digunakan dalam pembelajaran matematika untuk mengembangkan hasil belajar matematika siswa.

Item Type: Skripsi/Tesis/Disertasi/Laporan D3 (S1)
Uncontrolled Keywords: Model problem based learning, hasil belajar matematika
Subjects: 300 ILMU SOSIAL > 372 Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa Sosial dan Olahraga (FABIO) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: pustakawan UNIMUDA
Date Deposited: 16 Jul 2025 13:03
Last Modified: 16 Jul 2025 13:03
URI: http://eprints.unimudasorong.ac.id/id/eprint/688

Actions (login required)

View Item
View Item