Nurhayati, Sabila (2025) Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD YPK Klasaman 2. S1 thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN MUHAMMADIYAH SORONG.
![[thumbnail of Sabila Nurhayati-148620621067.pdf]](http://eprints.unimudasorong.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Sabila Nurhayati-148620621067.pdf - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning (PBL) terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas V SD YPK Klasaman 2. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya keterampilan berpikir kritis siswa akibat dominasi metode ceramah yang membuat siswa kurang aktif dan kesulitan menghadapi permasalahan nyata. Model PBL dipilih karena menekankan pada pemecahan masalah kontekstual yang mendorong siswa untuk berpikir kritis dan terlibat aktif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan pre-eksperimental design. Tipe one-group pre-test post-test design. Poluasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V, Sampel penelitian berjumlah 23 siswa kelas VB yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan berupa tes uraian sebanyak 10 soal dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Data dianalisis menggunakan uji normalitas Shapiro-Wilk dan uji Paired Sample t-Test. Hasil analisis data menunjukkan adanya peningkatan nilai rata-rata dari pre-test sebesar 47,13 menjadi 73,91 pada post-test. Uji normalitas menunjukkan bahwa data berdistribusi normal (pre-test = 0,082 dan post-test = 0,897), sedangkan uji paired sample t-test menghasilkan nilai signifikansi 0,000 (p < 0,05) dan t hitung -10,831 > t tabel, yang berarti Hₐ diterima dan H₀ ditolak. Dengan demikian, terdapat pengaruh yang signifikan antara penerapan model PBL terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa. Model ini terbukti mampu menciptakan pembelajaran yang aktif, bermakna, dan kontekstual, khususnya melalui tema “Sayang Lingkungan”.
Item Type: | Skripsi/Tesis/Disertasi/Laporan D3 (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Problem Based Learning, Keterampilan Berpikir Kritis, Bahasa Indonesia, Siswa Sekolah Dasar, Sayang Lingkungan. |
Subjects: | 300 ILMU SOSIAL > 372 Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa Sosial dan Olahraga (FABIO) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | pustakawan UNIMUDA |
Date Deposited: | 16 Jul 2025 12:57 |
Last Modified: | 24 Jul 2025 06:04 |
URI: | http://eprints.unimudasorong.ac.id/id/eprint/685 |