Implementasi Litereasi Sains Dalam Pembelajaran IPAS Pada Siswa Kelas V SD YPK Yefli Kabupaten Sorong

Dimalouw, Barnabas (2025) Implementasi Litereasi Sains Dalam Pembelajaran IPAS Pada Siswa Kelas V SD YPK Yefli Kabupaten Sorong. S1 thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN MUHAMMADIYAH SORONG.

[thumbnail of Barnabas Dimalouw-148620621146.pdf] Text
Barnabas Dimalouw-148620621146.pdf - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi literasi sains dalam pembelajaran IPAS pada siswa kelas V SD YPK Yeflio Kabupaten Sorong. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk memahami gejala-gejala yang tidak memerlukan kuantifikasi teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan tiga teknik yaitu lembar observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SD YPK Yeflio Kabupaten Sorong kelas V dan guru kelas V SD YPK Yeflio Kabupaten Sorong. Brdasarkan hasil observasi dan wawancara diperoleh: 1. Literasi siswa yang cukup dipengaruhi oleh dua faktor yaitu faktor eksternal dan internal. Faktor eksternal yang dimaksud adalah pengenalan literasi sejak dini di lingkungan keluarga dan msyarakat sekitar. Serta faktor internal dalam diri siswa sendiri yaitu kurangnya minat baca siswa terhadap litersi sains tersebut. 2. Guru harus lebih meningkatkan kualitas dalam proses belajar mengajar di sekolah sehingga dapat menumbuhkan minat dan motivasi siswa dalam Literasi Sains di sekolah

Item Type: Skripsi/Tesis/Disertasi/Laporan D3 (S1)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Literasi Sains, IPAS, Siswa SD
Subjects: 300 ILMU SOSIAL > 372 Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa Sosial dan Olahraga (FABIO) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: pustakawan UNIMUDA
Date Deposited: 16 Jul 2025 12:50
Last Modified: 16 Jul 2025 12:50
URI: http://eprints.unimudasorong.ac.id/id/eprint/683

Actions (login required)

View Item
View Item