Pengaruh Metode Guide Note Taking Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Pkn Kelas IV di SD YPK Keyen

Lewotolok, Stefanus Orong (2025) Pengaruh Metode Guide Note Taking Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Pkn Kelas IV di SD YPK Keyen. S1 thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN MUHAMMADIYAH SORONG.

[thumbnail of Stefanus Orong Lewotolok-148620618216.pdf] Text
Stefanus Orong Lewotolok-148620618216.pdf - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah sejauh mana pengaruh penerapan metode Guided Note Taking terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaran PKn kelas IV di SD YPK Keyen, Kabupaten Sorong Selatan. Populasi dalam penelitian ini yaitu semua siswa yang terdaftar di SD YPK Keyen. Sedangkan sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD YPK Keyen, yang terdiri dari 15 siswa, yaitu 10 perempuan dan 5 laki-laki. Variabel bebas dalam penelitian yaitu siswa kelas IV SD YPK Keyen, sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar siswa dengan metode Guide Note Taking. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes (pretest dan posttest) dan observasi. Dalam penelitian ini, instrumen yang digunakan mencakup tes tertulis (soal objektif atau pilihan ganda) dan lembar observasi yang berupa daftar centang untuk mencatat kegiatan. Penelitian ini menggunakan dua jenis analisis data, yaitu statistik deskriptif dan statistik inferensial. Sebelum penerapan, mayoritas siswa termasuk dalam kategori nilai yang sangat rendah (20-55), dengan hanya sedikit yang memperoleh nilai dalam kategori rendah atau sedang. Namun, setelah penerapan metode Guided Note Taking, nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 79,00, dengan sebagian besar siswa masuk dalam kategori "Tinggi" (80- 89) dan "Sangat Tinggi" (90-100). Selain itu, 93,33% siswa mencapai ketuntasan belajar, yang menunjukkan penguasaan. Hasil kajian uji t, diperoleh t hitung (16,36) lebih tinggi dibandingkan t tabel (1,76), sehingga hipotesis alternatif (H1) dinyatakan diterima. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan metode Guided Note Taking memiliki pengaruh signifikan dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode Guided Note Taking memiliki pengaruh terhadap hasil belajar siswa.

Item Type: Skripsi/Tesis/Disertasi/Laporan D3 (S1)
Uncontrolled Keywords: Metode, Guide Note Taking, Hasil Belajar, PKn, Sekolah Dasar.
Subjects: 300 ILMU SOSIAL > 372 Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa Sosial dan Olahraga (FABIO) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: pustakawan UNIMUDA
Date Deposited: 16 Jul 2025 12:44
Last Modified: 16 Jul 2025 12:44
URI: http://eprints.unimudasorong.ac.id/id/eprint/681

Actions (login required)

View Item
View Item