Pengaruh Media Pop-Up Book Pembelajaran IPAS Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SD Muhammadiyah Aimas

Rahmawati, Rahmawati (2025) Pengaruh Media Pop-Up Book Pembelajaran IPAS Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SD Muhammadiyah Aimas. S1 thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN MUHAMMADIYAH SORONG.

[thumbnail of Rahmawati-148620621154.pdf] Text
Rahmawati-148620621154.pdf - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh media Pop-up book terhadap motivasi belajar IPAS siswa kelas IV SD Muhammadiyah Aimas. Jenis Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitain eksperimen. Penelitian eksperimen merupakan salah satu jenis penelitian kuantitatif yang sangat kuat mengukur hubungan sebab akibat. Berdasarkan pengolahan data uji normalitas data dengan menggunakan bantuan SPSS diperoleh hasil belajar signitifikansi data pretest sebesar 0,066 dan 0,066 > 0,05 ini berarti data pretest berdistribusi normal, sedangkan data posttest diperoleh hasil sebesar 0.074 dan 0,074 > 0,05 dari data ini menunjukan bahwa data dari posttest berdistribusi normal. Media pop up book memiliki pengaruh terhadap motivasi belajar ipas materi gaya disekitar kita kelas IV SD Muhammadiyah Aimas. Hal ini dibuktikan dengan uji T-test adalah 0.001 yang mana nilai signifikan yang diperoleh adalah > 0,05 yang berarti H1 dalam penelitian ini diterima atau media pop-up book memiliki pengaruh terhadaap motivasi belajar ipas dan H0 ditolak.

Item Type: Skripsi/Tesis/Disertasi/Laporan D3 (S1)
Uncontrolled Keywords: Media Pop-up book, Motivasi Belajar, Pembelajaran IPAS
Subjects: 300 ILMU SOSIAL > 372 Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa Sosial dan Olahraga (FABIO) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: pustakawan UNIMUDA
Date Deposited: 16 Jul 2025 12:20
Last Modified: 24 Jul 2025 06:00
URI: http://eprints.unimudasorong.ac.id/id/eprint/677

Actions (login required)

View Item
View Item