Penerapan Alat Peraga Metamorfosis Kupu-Kupu Pada Pembelajaran IPA Berpengaruh Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD YPK Inamo Kabupaten Sorong

Turot, Gabrelinda Elisabeth (2025) Penerapan Alat Peraga Metamorfosis Kupu-Kupu Pada Pembelajaran IPA Berpengaruh Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD YPK Inamo Kabupaten Sorong. S1 thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN MUHAMMADIYAH SORONG.

[thumbnail of Gabrelinda Elisabeth Turot-148620620098.pdf] Text
Gabrelinda Elisabeth Turot-148620620098.pdf - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Gabrelinda Elisabeth Turot/148620620098. Penerapan Alat Peraga Metamorfosis Kupu-Kupu Pada Pembelajaran IPA Berpengaruh Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD YPK Inamo Kabupaten Sorong. Skripsi. Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong, Novemver. 2024. Alat peraga adalah media pendidikan yang digunakan sebagai perangsang belajar dengan harapan dapat menumbuhkan motivasi belajar sehingga anak didik dapat meraih tujuan-tujuan pembelajaran. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui Penerapan alat peraga metamorfosis kupu-kupu pada pembelajaran IPA siswa Kelas IV SD YPK Inamo Kabupaten Sorong. Penelitian ini menggunakan model Penerapan atau dalam bahasainggris disebut dengan Research and Development. Penelitian Penerapan ialah metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu, dan untuk menguji keefektifan produk tersebut. Setelah tahap analisis dilakukan, langkah selanjutnya peneliti melakukan tahap perencanaan (Design) mengenai media pembelajaran yang akan di buat. Subjek uji coba pada media pembelajaran alat peraga metamorphosis yang telah dikembangkan akan diujicobakan kepada siswa kelas IV SD YPK Inamo. Uji coba pada penelitian ini hanya dilakukan pada tahap uji coba kelompok kelas IV SD YPK Inamo. Pada teknik analisis data ini akan diperoleh data kualitatif dan data kuantitatif. Berdasarkan proses Penerapan dan hasil uji coba terhadap alat peraga morfologi kupu-kupu untuk siswa kelas IV SD YPK Inamo Kabupaten Sorong ini dapat dipaparkan sebagai berikut: Penerapan media ini menghasilkan produk berupa alat peraga morfologi kupu-kupu. Produk tersebut telah memenuhi komponen sebagai media pembelajaran yang baik. Alat peraga morfologi kupu kupu ini telah divalidasi oleh beberapa ahli, yakni ahli materi dan ahli desain yang diperoleh penilaian layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Hasil validasi oleh ahli isi/materi memperoleh nilai 90%. Sedangkan validasi oleh ahli desain memperoleh nilai 52,5%. Alat peraga morfologi kupu-kupu mampu meningkatkan hasil belajar siswa yang ditandai dengan peningkatan pemahaman siswa tentang materi metamorfosis. Hal ini dapat dibuktikan dengan meningkatnya hasil belajar siswa berdasarkan uji lapangan kelas IV SD YPK Inamo Kabupaten Sorong yang diukur dengan menggunakan tes pencapaian hasil belajar. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan, menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa yang semula memiliki nilai rata-rata 66,67 meningkat menjadi sebesar 87,83. Saran kepada Guru untuk dapat menggunakan alat peraga dalam pembelajaran untuk membantu meningkatkan minat dan hasil belajar siswa pada materi yang diajarkan khususnya IPA. Kata Kunci: Penerapan, Alat Peraga, Metamorfosis Kupu-Kupu, IPA

Item Type: Skripsi/Tesis/Disertasi/Laporan D3 (S1)
Uncontrolled Keywords: Penerapan, Alat Peraga, Metamorfosis Kupu-Kupu, IPA
Subjects: 300 ILMU SOSIAL > 372 Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa Sosial dan Olahraga (FABIO) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: pustakawan UNIMUDA
Date Deposited: 16 Jul 2025 12:12
Last Modified: 16 Jul 2025 12:12
URI: http://eprints.unimudasorong.ac.id/id/eprint/675

Actions (login required)

View Item
View Item