Way, Anjali Marlin (2025) Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII A di Smp Negeri 1 Moswaren. S1 thesis, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong.
![[thumbnail of Anjaly Marlin Way-148420220011.pdf]](http://eprints.unimudasorong.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Anjaly Marlin Way-148420220011.pdf - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (11MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran kooperatiftipe Student Teams Achievement Division (STAD) terhadap hasil belajar siswa kelasVII A. Model STAD merupakan salah satu pendekatan pembelajaran kooperatif yangmenekankan kerja sama dalam kelompok kecil, di mana setiap anggota bertanggungjawab terhadap pemahaman materi dan pencapaian hasil belajar yang optimal.Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain pretest-posttest control group. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII A di SMPNegeri 1 Moswaren, dengan sampel yang diambil secara purposive. Instrumen yangdigunakan untuk mengukur hasil belajar berupa tes tertulis. Data dianalisismenggunakan uji t untuk mengetahui perbedaan hasil belajar sebelum dan sesudahdiberikan penerepan metode pembelajaran tipe STAD. Hasil penelitian menunjukkanmenunjukkan bahwa thitung > ttabel yaitu 2,664 > 1,753 dengan demikian H0 ditolak danH1 diterima. Jadi, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa yangdiajarkan dengan model STAD efektif terhadap hasil belajar matematika siswa.Temuan ini merekomendasikan penerapan model STAD sebagai alternatif dalamproses pembelajaran untuk meningkatkan partisipasi aktif dan pemahaman materisiswa.
Item Type: | Skripsi/Tesis/Disertasi/Laporan D3 (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, Siswa Kelas VII A |
Subjects: | 300 ILMU SOSIAL > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Eksakta (FEKSA) > Pendidikan Teknologi Informasi |
Depositing User: | UNIMUDA Administrator Sorong |
Date Deposited: | 15 Jul 2025 14:51 |
Last Modified: | 15 Jul 2025 14:51 |
URI: | http://eprints.unimudasorong.ac.id/id/eprint/663 |