Pengaruh Model Pembelajaran CTL Terhadap Hasil Belajar Siswa SMP Pada Materi SPLDV

Hasanah, Uswatun (2025) Pengaruh Model Pembelajaran CTL Terhadap Hasil Belajar Siswa SMP Pada Materi SPLDV. S1 thesis, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong.

[thumbnail of Uswatun Hasanah-148420219004.pdf] Text
Uswatun Hasanah-148420219004.pdf - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Pembelajaran CTLterhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif denganmetode penelitian pre-experiment dan design one group pretest-posttest design.Penelitian ini dilaksakan pada peserta didik kelas VIII SMP Muhammadiyah Al-Amin Kota Sorong dengan teknik pengambilan sampel non probability samplingmenggunakan Purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes berupapretest dan posttest untuk mengukur hasil belajar siswa sebelum dan sesudahpenerapan model pembelajaran. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji tpaired sampel t-test. Hasil penelitiani ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaansignifikan penggunaan model pembelajaran CTL terhadap hasil belajar siswa.Penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan mengenai pengaruh modelpembelajaran CTL dalam konteks pembelajaran matematika di sekolah.

Item Type: Skripsi/Tesis/Disertasi/Laporan D3 (S1)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran CTL, Contextual Teaching and Learning, Hasil Belajar Peserta didik
Subjects: 300 ILMU SOSIAL > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Pendidikan Eksakta (FEKSA) > Pendidikan Teknologi Informasi
Depositing User: UNIMUDA Administrator Sorong
Date Deposited: 15 Jul 2025 14:32
Last Modified: 15 Jul 2025 14:32
URI: http://eprints.unimudasorong.ac.id/id/eprint/662

Actions (login required)

View Item
View Item