Pengaruh Model Storytelling Pada Keterampilan Berbicara Siswa Kelas III SD Muhammadiyah Aimas Kabupaten Sorong

Fugida, Rahel (2025) Pengaruh Model Storytelling Pada Keterampilan Berbicara Siswa Kelas III SD Muhammadiyah Aimas Kabupaten Sorong. S1 thesis, Fakultas Pendidikan Bahasa Sosial dan Olahraga.

[thumbnail of Rahel Fugida -148620621043.pdf] Text
Rahel Fugida -148620621043.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari penggunakan model
storytelling pada keterampilan berbicara siswa kelas III SD Muhammadiyah Aimas
Kabupaten Sorong. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperiment dengan
one group pre-post-test design. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas III SD
Muhammadiyah Aimas Kabupaten Sorong tahun ajaran 2024/2025 yang
berjumblah 24 siswa, dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Instrumen
penelitian yang digunakan adalah uji validitas intstrumen menggunakan lembar
observasi yang dikonsultasikan pada professional judgment, sedangkan uji
reliabilitas menggunakan rumus cronbach’s alpha. Hasil uji reliabilitas pre-test
pada instrumen tes diperoleh hasil cronbach’s alpha sebesar 0.778 dan post-test
sebesar 0.728. Hasil statistik deskriptif dari data pre-test nilainya sebesar 60.42
dan untuk nilai post-test nya sebesar 82.92. uji normalitas diperoleh nilai
Asymp.Sig sebesar 0.118. taraf signifikan >0,05, nilai yang diperoleh 0,118>0,05
maka nilai didistribusikan normal karena signifikan. Uji prasyarat analisis terdiri
dari uji normalitas dan uji t (one samplet test). Hasil uji hipotesis nilai Thitung
adalah 7.537 dengan df = n-1 (24-1= 23) berdasarkan hasil analisis data diperoleh
Thitung >Ttabel yaitu 7.537>0.05 dengan nilai nilai Sig. (2-tailed) yaitu nilai
0.000<0.05. sehingga Ha diterima dan H0 ditolak. Sehingga dapat disimpulkan
bahwa adanya pengaruh dari penggunakan model storytelling pada keterampilan
berbicara siswa kelas III SD Muhammadiyah Aimas Kpabupaten Sorong.

Item Type: Skripsi/Tesis/Disertasi/Laporan D3 (S1)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh Model Storytelling Pada Keterampilan Berbicara
Subjects: 300 ILMU SOSIAL > 372 Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa Sosial dan Olahraga (FABIO) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: UNIMUDA Administrator Sorong
Date Deposited: 03 Jun 2025 10:22
Last Modified: 03 Jun 2025 10:22
URI: http://eprints.unimudasorong.ac.id/id/eprint/642

Actions (login required)

View Item
View Item