Masolo, Elvi (2025) Implementasi Gerakan Literasi Sekolah dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa di Kelas IV SD Islam Guppi Kota Sorong. S1 thesis, Fakultas Pendidikan Bahasa Sosial dan Olahraga.
![[thumbnail of Elvi Massolo-148620621034.pdf]](http://eprints.unimudasorong.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Elvi Massolo-148620621034.pdf
Download (4MB)
Abstract
Tujuan daripenelitian ini adalah untuk menganilisi dan memahami bagaiman Gerakan literasisekolah (GLS) diimplementasikan di kelas IV SD Guppi Kota Sorong, sertamengevaluasi dampaknya terhadap minat baca dan ketermapilan literasi siswa.penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, yang artinya jenis penelitian yangmemberikan gambaran atau uraian atas keadaan yang sejenis mungkin tanpa adanyaperilaku terhadap objek yang di teliti. Hasil penelitian menenunjukan bahwaImplementasi Gerakan Literasi Sekolah di kelas IV SD Guppi Kota Sorong berfokuspada penguatan kebiasaan memabaca dan peningkatan ketermapilan siswa melaluikegiatan seperti membaca individual, membaca kelompok dan membaca sambungantara teman satu dengan teman yang lain. Program ini juga melibatkan kolaborasiantara guru dan siswa Dimana untuk mendukung literasi yang baik. Kesimpulan daripenelitian ini adalah SD Islam Guppi Kota Sorong telah berhasilmengimplementasikan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) dengan baik dan perlumeningkatkan program literasi. Pentingnya kerjasama antara sekolah, guru, dan orangtua dalam mendukung perkembangan literasi siswa dapat meningkatkan kualitaspendidikan di sekolah tersebut.
Item Type: | Skripsi/Tesis/Disertasi/Laporan D3 (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Gerakan Literasi Sekolah (GLS), minat baca, keterampilan literasi |
Subjects: | 300 ILMU SOSIAL > 372 Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa Sosial dan Olahraga (FABIO) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | UNIMUDA Administrator Sorong |
Date Deposited: | 03 Jun 2025 10:13 |
Last Modified: | 03 Jun 2025 10:13 |
URI: | http://eprints.unimudasorong.ac.id/id/eprint/640 |