Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Hadis Ke-28 Kitab Al-Arba’īn An-Nawawiyyah.

Reskiansyah, Ade (2024) Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Hadis Ke-28 Kitab Al-Arba’īn An-Nawawiyyah. S1 thesis, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong.

[thumbnail of Ade Reskiansyah -14862302107.pdf] Text
Ade Reskiansyah -14862302107.pdf - Supplemental Material

Download (2MB)

Abstract

Pendidikan merupakan usaha utama dalam mengembangkan diri danmemperluas wawasan, khususnya melalui Jenjang Formal. Salah satu programpendidikan yang dicanangkan pemerintah adalah pendidikan karakter.Pendidikan karakter dalam Islam tidak terlepas dari hadis yang salah satunyaterdapat dalam hadis ke-28 Kitab Al-Arba’īn Al-Nawawiyyah, didalamnyaterdapat nilai-nilai penting yang harus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi nilai-nilai tersebutsekaligus mengetahui relevansinya bagi umat Islam saat ini. Metode penelitianyang digunakan adalah studi pustaka, dengan metode analisis data deduktif,induktif, komparatif, dan historis. Hasilnya terdapat beberapa nilai-nilaipendidikan karakter dalam hadis ke-28 Kitab Al-Arba’in An-Nawawiyahantara lain takwa kepada Allah, ketaatan dan ketundukan kepada penguasa,mengamalkan sunnah Nabi dan Khulafaur Rasyidin, menjauhi bid’ah,menerima nasehat dengan hati terbuka, meminta wasiat, rasa perpisahan, dansikap menggerakkan hati dan air mata. Nilai-nilai pendidikan karakter tersebutsangat relevan dalam kehidupan kontemporer yang diharapkan akan membuatpribadi muslim menjadi pribadi yang bertaqwa, patuh, memiliki integritas,kedisiplinan, empati, dan kesadaran akan pentingnya persatuan dalammenghadapi perbedaan.

Item Type: Skripsi/Tesis/Disertasi/Laporan D3 (S1)
Uncontrolled Keywords: pendidikan, karakter, arbain, nawawi, hadis
Subjects: 200 AGAMA > 2X7 Filsafat dan Pengembangannya > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
Divisions: Fakultas Agama Islam (FAI) > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: UNIMUDA Administrator Sorong
Date Deposited: 05 May 2025 01:40
Last Modified: 05 May 2025 01:40
URI: http://eprints.unimudasorong.ac.id/id/eprint/606

Actions (login required)

View Item
View Item