Darmanto, Lutfi (2025) Implementasi Program Baca Tulis Al-Qur’an Untuk Mengatasi Problematika Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an Di Smp Muhammadiyah Aimas. S1 thesis, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong.
![[thumbnail of Lutfi Darmanto -148623021041.pdf]](http://eprints.unimudasorong.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Lutfi Darmanto -148623021041.pdf
Download (8MB)
Abstract
viiABTRAKLutfi Darmanto /148623021041. IMPLEMENTASI PROGRAM BACATULIS AL-QUR’AN UNTUK MENGATASI PROBLEMATIKAPEMBELAJARAN BACA TULIS AL-QUR’AN DI SMPMUHAMMADIYAH AIMAS Skripsi. Fakultas Agama Islam. UniversitasPendidikan Muhammadiyah Sorong. Juli, 2023.Masalah dalam penelitian ini yaitu masih rendahnya kemampuan dalam membacadan menulis Al-Qur’an siswa di SMP Muhammadiyah Aimas. Pada implementasiprogram Baca Tulis Al-Qur’an bertujuan untuk mendeskripsikan prosesperencanaan, pelaksanaan, evaluasi serta faktor pendukung dan penghambatdalam implementasinya. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif,dengan pengumpulan datanya melalui observasi, wawancara dan dokumentasi.Adapun teknik analisis datanya dengan tiga tahapan yaitu, reduksi data, penyajiandata dan penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk keabsahan datanyamenggunakan triangulasi data dan triangulasi teknik melalui pengecekan berbagaisumber data, cara dan waktu untuk perolehan data. Hasil penelitian dapatdisimpulkan bahwa implementasi program Baca Tulis Al-Qur’an berjalan cukupbaik. Kaitannya dengan program Baca Tulis Al-Qur’an terhadap siswa, perankepala sekolah, guru pengampu dan peran orangtua dapat memberikan kontribusibesar dalam proses pembelajaran Al-Qur’an siswa tersebut mulai dari tahapanperencanaan, pelaksanaan dan evaluasi agar dapat meningkatkan kemampuandalam membaca, menulis dan hafalan Al-Qur’an siswa yang tentunya sesuaidengan kaidah tajwid, pedoman menulis Al-Qur’an dan target hafalan yang telahditentukan oleh sekolah. Adapun faktor pendukungnya yaitu fasilitas yangmemadai, guru yang berkompeten serta semangat tinggi pada siswa. Faktorpenghambatnya yaitu kemampuan siswa bervariasi, keterbatas waktu, programterhenti karena pandemi serta siswa yang kurang mendapatan perhatian dariorangtunya.
Item Type: | Skripsi/Tesis/Disertasi/Laporan D3 (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Problematika, Baca Tulis Al-Qur’an |
Subjects: | 200 AGAMA > 2X7 Filsafat dan Pengembangannya > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam |
Divisions: | Fakultas Agama Islam (FAI) > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | UNIMUDA Administrator Sorong |
Date Deposited: | 05 May 2025 01:32 |
Last Modified: | 05 May 2025 01:32 |
URI: | http://eprints.unimudasorong.ac.id/id/eprint/604 |