Fitriah, Nur Prehatin (2025) Peran Guru Al-Islam Dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Al-Qur’an Pada Siswa Kelas Iv Sd Muhammadiyah Malawili. S1 thesis, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong.
![[thumbnail of Nur Prehatin Fitriah-148623021027.pdf]](http://eprints.unimudasorong.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Nur Prehatin Fitriah-148623021027.pdf - Supplemental Material
Download (3MB)
Abstract
Tingkat sekolah dasar merupakan salah satu dari lembaga pendidikan yang rata-rata muridnya masih belum termotivasi untuk membaca al-Qur’an, sehingga peranguru serta lingkungan sekitar dalam memberikan motivasi membaca al-Qur’ansangat diperlukan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk-bentukkesulitan dan hambatan dalam membaca al-Qur’an, serta peran guru PendidikanAgama Islam dalam mengatasinya. Penelitian ini menggunakan pendekatankualitatif yang bersifat deskriptif dengan menggunakan metode lapangan. Objekyang digunakan pada penelitian ini adalah SD Muhammadiyah Malawili denganjumlah subjek 44 orang yang merupakan siswa/siswi kelas IV tahun pelajaran2023/2024. Metode pengambilan sampel dengan menggunakanpurposivesampling yaitu teknik probability sampling jenis simple random sampling yangmana pengambilan sampel tersebut dilakukan secara acak. Teknik analisis databerupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang penelitigunakan pada penelitian ini yaitu menggunakan analisis model Miles andHuberman. Hasil dari penelitian ini yaitu peran guru al-Islam dalam mengatasikesulitan membaca al-Qur’an siswa adalah sebagai pembimbing, motivator sertaevaluator. Bentuk-bentuk kesulitan yang dialami siswa kelas IV SDMuhammadiyah Malawili dalam membaca al-Qur’an adalah kesulitan dalammengucapkan huruf hijaiyah, kesulitan dalam menerapkan hukum bacaan madserta kesulitan melafalkan qalqalahnya. Adapun faktor penghambat yang dialamisiswa dalam membaca al-Qur’an yaitu dari faktor lingkungan dan faktor daridalam diri siswa.
Item Type: | Skripsi/Tesis/Disertasi/Laporan D3 (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peran, Guru al- Islam, Kesulitan Membaca al-Qur’an |
Subjects: | 200 AGAMA > 2X7 Filsafat dan Pengembangannya > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam > 2X7.31 Pendidikan Islam--Metoda, Sistem dan Media |
Divisions: | Fakultas Agama Islam (FAI) > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | UNIMUDA Administrator Sorong |
Date Deposited: | 05 May 2025 00:49 |
Last Modified: | 05 May 2025 00:49 |
URI: | http://eprints.unimudasorong.ac.id/id/eprint/602 |