Zulkifli, Zulkifli and Muzakki, Muhammad and Fadila, Aviv (2025) Analisis Pembelajaran Agama Islam Berbasis Diferensiasi Di MI Al Kautsar Kota Sorong. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4 (1). pp. 444-452. ISSN 2962-8172
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : mengetahui metode pembelajaran agama Islam berbasis diferensiasi dan hambatan yang terjadi dalam implementasi Pembelajaran agama Islam berbasis differensiasi di sekolah MI Al kautsar . Pendidikan agama Islam sangatlah penting Oleh karna itu, dalam sekolah MI Al Kautsar menanamkan kepada peserta didik nilai-nilai Islam dalam Pendidikan. Guru – guru MI Al-kautsar menyadari bahwa setiap anak mempunyai perbedaan dalam menangkap pembelajaran terutama dalam Pendidikan agama Islam. Kurikulum Merdeka saat ini mengharuskan setiap sekolah menggunakan metode diferensiasi karna metode tersebut merupakan metode pembelajaran yang sesuai dengan kapasitas peserta didik di dalam kelas. Metode diferensiasi tidak memaksa peserta didik untuk memahami Pelajaran dalam satu metode, tetapi dalam pembelajaran diferensiasi ini mengajak guru untuk lebih memperhatikan kemampuan anak serta memberikan pembelajaran dan Latihan sesuai dengan kapasitas peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jumlah sampel 7 orang, terdiri dari kepala sekolah, wakil kepala sekolah bagian kurikulum, guru Pendidikan Agama Islam dan 4 siswa MI Alkautsar. Metode pengambilan sampel menggunakan Teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian menunjukan pendapat tentang pembelajaran Agama Islam berbasis diferensiasi, implementasi dan hambatan dari pembelajaran Pendidikan agama Islam berbasis diferensiasi.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Diferensiasi, Pendidikan Agama Islam |
Subjects: | 200 AGAMA > 297 Islam 200 AGAMA > 2X7 Filsafat dan Pengembangannya |
Divisions: | Fakultas Agama Islam (FAI) > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | UNIMUDA Administrator Sorong |
Date Deposited: | 28 Apr 2025 11:54 |
Last Modified: | 28 Apr 2025 11:54 |
URI: | http://eprints.unimudasorong.ac.id/id/eprint/595 |