Yesawen, Konstantina (2024) Tingkat Pemahaman Siswa SD YPK Rahairoi Saubeba Terhadap Pencegahan dan Perawatan Cedera dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani. S1 thesis, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong.
![[thumbnail of Kostantina Yesawen-148520121002.pdf]](http://eprints.unimudasorong.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Kostantina Yesawen-148520121002.pdf
Download (1MB)
Abstract
Beberapa siswa Sekolah Dasar YPK di Provinsi Papua Barat Daya Kabupaten Aimas, ada yangbelum maksimal dalam memberikan pertolongan pertama apabila terjadi kasus cedera saatpembelajaran pendidikan jasmani olahraga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkatpemahaman guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan Sekolah Dasar SD YPK RahairoiSaubeba tentang pencegahan dan perawatan cedera dalam pembelajaran pendidikanjasmani.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Metode yang digunakanadalah metode survey. Teknik pengumpulan data berupa angket menggunakan tes soal pilihanganda. Pengambilan data dilakukan di SD YPK Rahairoi Saubeba pada saat kegiatan kelompokkerja guru (KKG). Subyek yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa DasarNegeri di Kecamatan Wates Kabupaten Kulon Progo DIY yang berjumlah 10 siswa. Teknikanalisis data menggunakan teknik deskriptif persentase.Berdasarkan hasil penelitian danpembahasan yang telah diuraikan dalam bab sebelumnya, dapat dideskripsikan pemahamansiswa SD YPK Rahairoi Saubeba tentang pencegahan dan perawatan cedera sebagai berikut,kategori kurang baik sebesar 10,3% (3 guru), kategori “kurang” sebesar 31,0% (9 guru),kategori “sedang” sebesar 17,2% (5 guru), kategori“baik” sebesar 41,4% (12 guru).
Item Type: | Skripsi/Tesis/Disertasi/Laporan D3 (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pemahaman, pencegahan dan perawatan cedera, SD YPK Rahairoi Saubeba |
Subjects: | 700 KESENIAN DAN REKREASI |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa Sosial dan Olahraga (FABIO) > Pendidikan Jasmani (PENJAS) |
Depositing User: | UNIMUDA Administrator Sorong |
Date Deposited: | 27 Apr 2025 06:08 |
Last Modified: | 27 Apr 2025 06:08 |
URI: | http://eprints.unimudasorong.ac.id/id/eprint/582 |