Ohoiner, Febri Elyston (2025) Persepsi Guru Terhadap Implementasi Kurikulum Merdeka di SD Negeri 19 Kota Sorong. S1 thesis, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong.
![[thumbnail of Febri Elyston Ohoiner -148620618256.pdf]](http://eprints.unimudasorong.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Febri Elyston Ohoiner -148620618256.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis persepsi guru terhadap implementasiKurikulum Merdeka di SD Negeri 19 Kota Sorong. Menggunakan pendekatankualitatif dengan teknik wawancara dan dokumentasi, penelitian ini melibatkan 3guru dan 1 kepala sekolah sebagai subjek penelitian. Hasil penelitianmenunjukkan bahwa guru menyambut baik Kurikulum Merdeka yang lebihberfokus pada siswa dan profil Pelajar Pancasila, meskipun ada beberapatantangan dalam beradaptasi dengan perubahan tersebut. Guru telahmempersiapkan diri dengan mengikuti pelatihan dan belajar mandiri. Kendalautama yang dihadapi adalah keterbatasan fasilitas dan proses transisi dariKurikulum 2013. Meskipun demikian, implementasi Kurikulum Merdekamemberikan dampak positif terhadap keaktifan, kreativitas, dan rasa percaya dirisiswa. Penelitian ini merekomendasikan peningkatan pelatihan untuk guru sertapenyediaan fasilitas yang lebih mendukung untuk keberhasilan implementasikurikulum.
Item Type: | Skripsi/Tesis/Disertasi/Laporan D3 (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | ersepsi guru, Kurikulum Merdeka, implementasi, pendidikan, SD Negeri 19 Kota Sorong |
Subjects: | 300 ILMU SOSIAL > 372 Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa Sosial dan Olahraga (FABIO) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | UNIMUDA Administrator Sorong |
Date Deposited: | 19 Apr 2025 02:58 |
Last Modified: | 19 Apr 2025 02:58 |
URI: | http://eprints.unimudasorong.ac.id/id/eprint/577 |