Krimadi, Rode Nofitha (2024) Pengaruh Penndekatan Pembelajaran Kontekstual Terhadap Hasil Belajar Matematika pada Peserta Didik Kelas IV SD YPK Ebeneazar Klawatan Kabupaten Sorong. S1 thesis, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong.
![[thumbnail of Rode Nofitha Krimadi -148620619136.pdf]](http://eprints.unimudasorong.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Rode Nofitha Krimadi -148620619136.pdf
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Bagaimana Pengaruh pendekatanPembelajaraan Kontekstual Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Peserta DidikKelas IV SD YPK Ebenheazer Klawana Kabupaten Sorong. Jenis Penelitian Yangdigunakan dalam penelitian ini adalah penelitian Kuantitatif.Dengan Desain yangdigunakan adalah Quasi Eksperimen Design dengan pretest-posttest. Adapun Populasipada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV semester ganjil Sd YPKEbenheazer Klawana Kabupaten Sorong jumlah keseluruhan peserta didik kelas IVdengan jumlah 10 peserta didik dengan Teknik metode pengambilan sampelpengambilan sampel yang dilakukan secara sampling menggunakan PurposiveSampling. Instrument yang digunakan berupa tes pg/ esain untuk mengukur hasil belajarpeserta didik, dan lembar observasi. Adapun Hasil analisis ketuntasan belajar pesertadidik pada nilai rata-rata pretest 30,030 dan posttest 71,480. Berdasarkan rumusanmasalah dan hipotesis yang diajukan, serta hasil penelitian yang didasarkan padaanalisis data dan pengujian hipotesis diperoleh thitung sebesar 53.088, nilai df padapenelitian n-1 yaitu 10-1 = 9, nilai df 9. Jadi thitung > ttabel di mana 53.088 > 1.812dan hasil sig (2 tailed) sebesar <0,0 < 0,05. Dari hasil pengujian ini menunjukan bahwaHo ditolak dan H1 diterima. kesimpulan yang dikemukaan dalam penelitian ini yaituTerdapat Pengaruh Pendekatan Kontekstual Terhadap Hasil Belajar MatematikaPeserta Didik Kelas IV SD YPK Ebenheazer Klawana Kabupaten Sorong.
Item Type: | Skripsi/Tesis/Disertasi/Laporan D3 (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendekatan Kontekstual Terhadap Hasil Belajar matematika |
Subjects: | 300 ILMU SOSIAL > 370 Pendidikan > 370.7 Pendidikan Ilmu Kependidikan > 370.72 Riset Penelitian Ilmu Pendidikan, Riset Penelitian Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa Sosial dan Olahraga (FABIO) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | UNIMUDA Administrator Sorong |
Date Deposited: | 14 Jan 2025 10:36 |
Last Modified: | 14 Jan 2025 10:36 |
URI: | http://eprints.unimudasorong.ac.id/id/eprint/543 |