Pengaruh kualitas pelayanan dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Outlet Mini Resto DFC (Dewan Fried Chiken) di Kabupaten Sorong

Syah, Fernandy Louies Gunawan (2024) Pengaruh kualitas pelayanan dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Outlet Mini Resto DFC (Dewan Fried Chiken) di Kabupaten Sorong. S1 thesis, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong.

[thumbnail of Fernandy Louies Gunawan Syah-145420120005.pdf] Text
Fernandy Louies Gunawan Syah-145420120005.pdf

Download (3MB)

Abstract

Di zaman yang serba praktis dan modern ini, pilihan makanan sangatlah beragam.Salah satu pilihan bagi penduduk kota yang sibuk adalah memilih makananmodern (fast food). Ketersediaan makanan siap saji yang tersedia di pasaranmemudahkan dalam menyediakan variasi makanan sesuai selera dan daya beli.Fenomena fast food atau makanan modern juga terlihat dengan banyaknyabermunculan berbagai warung makanan cepat saji di pinggir jalan. Perkembanganbisnis di bidang kuliner ini diikuti dengan meningkatnya persaingan dunia bisnisrumah makan. Hal ini yang menjadi ancaman dan tantangan bagi beberapawarung makan atau mini resto, terutama mini resto DFC. Tujuan dari penelitianini adalah untuk (1) menganalisis pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap LoyalitasPelanggan, (2) menganalisis pengaruh Kepuasan Pelanggan terhadap LoyalitasPelanggan dan (3) menganalisis pengaruh Kualitas Pelayanan dan KepuasanPelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan. Jenis dan desain penelitian inikuantitatif, pendekatan penelitiannya kualitatif yang menggunakan skala likert 1sampai 5. Dilakukan pada bulan Juni hingga Juli pada ke tujuh lokasi outlet miniresto DFC yang berada di Kabupaten Sorong. Analisis data penelitian dilakukanterhadap 70 responden. Metode penentuan sampel penelitian ini non-probabilitysampling dan teknik yang dipilih dengan jenis accidental sampling. Hasil analisisdata dengan SEM PLS menunjukkan bahwa (1) Kualitas Layanan memilikidampak positif terhadap loyalitas pelanggan dengan koefisien jalur sebesar 0,373,(2) Kepuasan pelanggan memiliki pengaruh yang lebih kuat dengan koefisienjalur 0,466. Dengan penekanan yang lebih besar pada Kepuasan Pelanggan, (3)Pengaruh keseluruhan terhadap loyalitas pelanggan ditemukan sebesar 0,564,yang menunjukkan bahwa kualitas layanan dan kepuasan pelanggan sangatpenting dalam meningkatkan loyalitas pelanggan.

Item Type: Skripsi/Tesis/Disertasi/Laporan D3 (S1)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan, Loyalitas Pelanggan, PLS-SEM
Subjects: 600 TEKNOLOGI, ILMU TERAPAN > 650 Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan, Bisnis
Divisions: Fakultas Sains Terapan (FST) > Agribisnis
Depositing User: UNIMUDA Administrator Sorong
Date Deposited: 13 Jan 2025 12:32
Last Modified: 13 Jan 2025 12:32
URI: http://eprints.unimudasorong.ac.id/id/eprint/542

Actions (login required)

View Item
View Item