Kemampuan Siswa Dalam Memahami Cerita Fiksi Melalui Metode Refleksi 4p Di Smp Ampera Kota Sorong.

Romatobi, Rahel (2024) Kemampuan Siswa Dalam Memahami Cerita Fiksi Melalui Metode Refleksi 4p Di Smp Ampera Kota Sorong. S1 thesis, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong.

[thumbnail of Rahel Ramatobi-148820120007.pdf] Text
Rahel Ramatobi-148820120007.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukanmengunakan metode kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskritif.Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana kemampuan siswa dalammemahami bacaan menggunakan metode refleksi 4P di SMP Ampera kotasorong. Yang menjadi subjek pada penelitian ini ialah siswa kelas VIII denganberjumlah 20 orang. Dalam penelitian ini siswa diberikan bacaan kemudianmembaca setelah itu siswa diberikan pertayaan dengan menggunakan metoderefleksi 4P (P1 peristiwa, P2 perasaan P3 pembelajaran, P4 Penerapan) dandiimbangi dengan wawancara ulang yang dilakukan guna memastikanpemahaman siswa terkait cerita yang telah dibaca. Diperoleh kesimpulan dariproses pembelajaran yang berlangsung siswa dapat aktif menceritakan kembalisetiap peristiwa yang terjadi dalam alur cerita. Dengan begitu dalamprosespembelajaran tidak hanya berlangsung dari guru saja namun bagaimana siswadapat aktif menjelaskan setiap pemahaman mereka yang didapat. Dengan melihatdari fenomena permasalahan yang ada pada SMP Ampera inilah yang menjadikanpeneliti tertarik untuk meneliti.

Item Type: Skripsi/Tesis/Disertasi/Laporan D3 (S1)
Subjects: 300 ILMU SOSIAL > 370 Pendidikan > 370.7 Pendidikan Ilmu Kependidikan > 370.72 Riset Penelitian Ilmu Pendidikan, Riset Penelitian Pendidikan
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa Sosial dan Olahraga (FABIO) > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: UNIMUDA Administrator Sorong
Date Deposited: 13 Jan 2025 11:02
Last Modified: 13 Jan 2025 11:02
URI: http://eprints.unimudasorong.ac.id/id/eprint/539

Actions (login required)

View Item
View Item