Analisis Kesalahan Berbahasa Siswa dalam Menulis Teks Deskripsi pada Kelas VII SMP Negeri 3 Kota Sorong.

Way, Loisa (2024) Analisis Kesalahan Berbahasa Siswa dalam Menulis Teks Deskripsi pada Kelas VII SMP Negeri 3 Kota Sorong. S1 thesis, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong.

[thumbnail of Loisa Way, 188820120012.pdf] Text
Loisa Way, 188820120012.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini memiliki 5 tujuan (1) Penggunaan tanda baca yang tidak tepattanda (titik, koma, tanda titik dua, tanda hubung seru, tanda tanya) (2) Penggunaankata konjungsi (3) Penggunaan kalimat yang tidak efektif (4) Penggunaan hurufkapital yang tidak tepat (5) Penggunaan kata baku dan tidak baku.Jenis Penelitian ini adalah merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Sumberdata penelitian ini adalah 27 teks deskripsi yang di deskripsika oleh siswa.Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, dokumentasi. Kesalahanberbahasa merupakan gejala yang tidak dapat dipisahkan dari pemelajaran bahasa.Dalam teks deskrifpsi yang di deskripsika oleh siswa masih di temukan kesalahanberbahasa. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan mengenai kesalahan pengunaantanda baca pada kumpulan teks deskripsi yang di deskripsikan oleh siswa kelas VllSMP Negeri 3 Kota Sorong

Item Type: Skripsi/Tesis/Disertasi/Laporan D3 (S1)
Uncontrolled Keywords: Analisis Kesalahan berbahasa dalam menulis teks deskripsi
Subjects: 300 ILMU SOSIAL > 370 Pendidikan > 370.7 Pendidikan Ilmu Kependidikan > 370.72 Riset Penelitian Ilmu Pendidikan, Riset Penelitian Pendidikan
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa Sosial dan Olahraga (FABIO) > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: UNIMUDA Administrator Sorong
Date Deposited: 13 Jan 2025 10:59
Last Modified: 13 Jan 2025 10:59
URI: http://eprints.unimudasorong.ac.id/id/eprint/538

Actions (login required)

View Item
View Item